Kab GunungkidulNews

Wisata Cave Tubing Kalisuci Sudah Beroperasi Normal, tapi Tergantung Cuaca

0

STARJOGJA, GUNUNGKIDUL–Objek wisata Cave Tubing Kalisuci, di Pacarejo, Semanu sudah mulai dibuka, pasca dampak banjir akhir November tahun kemarin, yang menganggu aktivitas wisata disana.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dinpar), Gunungkidul, Hary Sukmono, terkait bencana banjir yang terjadi sekitar sebulan lalu ia mengatakan memang sulit untuk dicegah karena pengaruh alam. Namun dia juga mengatakan setidaknya masih ada upaya mengurangi resiko.

“Wisata yang kita miliki itu pemanfaatan daya tarik wisata karst. Menggunakan sistem hidrologi. Ya kalau memang banjir sulit juga dihindari, karena pengaruh alam,” ujarnya Jumat (5/1/2018).

Dia mengatakan mitigasi terhadap bencana harus dimaksimalkan termasuk Early Warning System (EWS). Saat ini sendiri ia mengatakan para pengelola atau Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di sana sudah cukup baik mengurangi resiko-resiko bencana itu.

“Kalau hujan di hulu dihentikan, apalagi kalau udah ada tanda-tanda banjir juga tidak menerima tamu. Tamu kunjungan sendiri juga dibatasi sehari, itu untuk keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung,” kata Hary.

Dikatakan salah satu pemandu Cave Tubing Kalisuci, Amin Rahmadi bahwa kondisi saat ini sudah normal, dan sudah buka mulai 31 Desember 2017.Herlambang Jati Kusumo/JIBI/Harian Jogja

Film Keluarga Cemara Versi Layar Lebar, ini Perbedaan Dengan Versi Serialnya

Previous article

Gumbregi, Doa Petani Menoreh untuk Keselamatan Hewan Ternak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *