Kota JogjaNews

Kekurangan Komputer, Belasan Madrasah di DIY Harus Numpang Ujian

0
belajar dari rumah
Ilustrasi komputer UNBK

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kanwil Kementerian Agama DIY mulai memetakan sejumlah madrasah yang belum memiliki fasilitas lengkap untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kemenag DIY Nadhif menjelaskan, fasilitas komputer di madrasah pada awal 2018 mengalami peningkatan dibandingkan 2017 karena adanya pengadaan di akhir tahun.

Oleh karena itu untuk jenjang Madrasah Aliyah (MA) atau setingkat SMA, sebagian besar sudah mampu melaksanakan UNBK secara mandiri di 2018. Dari 58 MA baik negeri maupun swasta di DIY, hanya ada dua MA yang belum dapat melaksanakan UNBK secara mandiri sehingga harus bergabung di madrasah atau sekolah lain.

Pihaknya mendorong kepada madrasah yang masih bergabung di sekolah lain dalam mengikuti UNBK, agar segera menganggarkan sesuai kemampuan masing-masing. Ia menarget, seluruh madrasah di DIY, baik MTs maupun MA dapat melaksanakan UNBK secara mandiri di 2018 mendatang.

Nadhif mengatakan, untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs) seluruh DIY totalnya ada 104 MTs, kemudian yang mengikuti UNBK tercatat ada 97 MTs. Sisanya merupakan MTs yang baru berdiri dan belum akan meluluskan siswa di 2018.

Menurutnya, dari 104 MTs tersebut sekitar 80% telah mandiri dalam melaksanakan UNBK, sisanya ada 15% atau sekitar 15 MTs yang belum mandiri sehingga harus bergabung di sekolah atau madrasah lainnya.

“Madrasah yang belum mandiri rata-rata berstatus swasta relatif baru berdiri dan tercatat akan meluluskan siswa pertama kalinya di 2018. Sehingga keterbatasan fasilitas. Kami mendorong agar di 2018 ini madrasah tersebut dapat melakukan pengadaan,” tegasnya.Sunartono/JIBI/Harian Jogja |

Lajur Jalur Terban ke Arah Barat Akan Diperbanyak

Previous article

Pemkab Bantul Bantah Ada Unsur Politik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja