Flash InfoTechno

Luar Biasa, Pria Ini Bangun Jalan 10 Km Sendirian

0

Starjogja.com, Jogja – Luar biasa, mungkin itu kalimat yang bisa mewakili dan sebuah apresiasi bagi JalandharNayak. Ia merupakan seorang pria di Negara Bagian Orissa, India timur, JalandharNayak membangun sendiri jalan sekitar delapan kilometer hanya dengan menggunakan kapak dan linggis.

Tujuannya adalah agar anak-anak yang merantau untuk bersekolah bisa pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarganya lebih sering.

Jalandhar Nayak, 45, hidup di sebuah kampung yang terpencil, sekitar 10km dari sekolah tempat ketiga putranya menempuh pendidikan.

Namun perjalanan pulang kampung bagi ketiga anaknya itu memakan waktu sampai tiga jam karena mereka harus mendaki lima perbukitan untuk sampai ke kampung asalnya.

Dikutip dari Detik.com, melansir BBC, selama dua tahun terakhir, setiap pagi dia membawa peralatannya kapak, cangkul, dan linggis. Ia bekerja selama sekitar delapan jam untuk menghancurkan bebatuan.

 

Kabar baik ahirnya diterima oleh JalandharNayak. Pejabat pemerintah mengatakan akan mengambil alih kelanjutan pembangunan jalan yang sudah dirintis Nayak dan dia kelak bakal mendapat bayaran untuk pekerjaan yang sudah dikerjakannya.

Nayak mengatakan ‘amat gembira’ karena pembangunan jalan akan dituntaskan oleh pemerintah dan menambahkan bahwa dia juga sudah meminta pemerintah untuk menyalurkan listrik dan air minum ke kampungnya.

Dia menegaskan tidak pernah meminta bantuan dari pejabat setempat, yang baru mengetahui kerja beratnya setelah surat kabar setempat memberitakannya awal bulan ini.

Media-media nasional India langsung membandingkan dia dengan Dasharath Manjhi, yang mendapat julukan ‘pria gunung’ dari Bihar yang membelah perbukitan dengan tangannya sendiri untuk membangun jalan yang menghubungkan kampungnya dengan kota terdekat.

(Am, Foto:Indiatv)

Stres di Kantor? Yuk Hias Ruangan dengan Tanaman

Previous article

Setelah Melakukan Pengurangan, Bantul Membuka Lowongan Pegawai Kontrak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info