JogjaKUUniknya Jogja

Kungkum di Sendang Kasihan Dipercaya Bisa Membikin Awet Muda

0

STARJOGJA.COM,BANTUL – Wilayah Bantul memiliki tempat tempat menarik yang sering dikunjungi masyarakt untuk mencari aneka manfaat.Salah satunya adalah Sendang Kasihan. Wisata religi ini berlokasi di Dukuh Kasihan, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Di tempat itu, banyak masyarakat yang meyakini bahwa sumber mata air yang ada di dalam sendang tersebut mengandung khasiat dan manfaat, seperti mencari jodoh.Bahkan, orang yang kungkum, mandi atau berendam di sana diyakini akan menambah kecantikan, daya pikat kepada lawan jenis, hingga membuat tubuh dan wajah awet muda.

Menurut sumber setempat , timbulnya sumber air yang kemudian menjadi Sendang Kasihan ini konon oleh karena tuah tongkat milik Sunan Kalijaga. Diceritakan bahwa dalam pengembaraannya waktu itu Sunan Kalijaga tiba di daerah Kasihan. Di daerah ini ia membutuhkan air yang bersih. Oleh karena ia tidak mendapatkan sumber air yang dimaksud, ia pun menancapkan tongkatnya ke atas tanah.

Setelah tongkat itu dicabut, maka keluarlah sumber mata air yang jernih dan kemudian terkumpul dalam cekungan dan kemudian terkenal dengan nama Sendang Kasihan. Menurut cerita tutur setempat Sendang Kasihan juga terkait dengan cerita Rara Pembayun (putra Panembahan Senapati). Konon, ketika Rara Pembayun akan menyamar sebagai penari tledek untuk memikat Ki Ageng Mangir, terlebih dahulu singgah dan menyucikan diri di sendang ini.

Proses penyucian diri di sendang ini konon memberi dampak bagi kencantikan Rara Pembayun. Air sendang ini membuat wajah dan tubuh tampak lebih muda, bersinar, dan menimbulkan daya pikat yang luar biasa. Oleh karena itu Sendang Kasihan ini sering disebut juga dengan nama Sendang Pengasihan.(DEN)

Gambar : http://navigasi-budaya.jogjaprov.go.id

Samsung Buat Galaxy Note8 Khusus Olimpiade Musim Dingin di Korea

Previous article

Rekor Buruk di Balik Kegagalan Penalti Lionel Messi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU