Kota JogjaNews

Kampung Ramah Anak di Jogja Akan Dirampingkan

0
Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak

STARJOGJA.COM,JOGJA –Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (PMPPA) Kota Jogja akan mengubah keberadaan kampung ramah anak (KRA) dari basis RW menjad basis kampung. Evaluasi ini untuk menyesuaikan visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja yang menjadikan kampung sebagai basis pembangunan.

Sejak 2012 sampai sekarang sudah ada 178 KRA berbasis RW di Jogja. “Untuk pembentukan KRA baru akan difokuskan di kampung yang belum ada KRA. Bagi kampung yang sudah ada KRA lebih dari satu, maka satu KRA yang akan dijadikan pusat kegiatan, lainnya hanya semacam cabang atau gugus,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas PMPPA Kota Jogja, Octo Noor Arafat, di Balai Kota Jogja, Pekan lalu.

Octo mengatakan, fokus KRA berbasis kampung ini agar keberadaan KRA tidak hanya sekedar mendirikan, tetapi juga ada kegiatannya. Dengan KRA berbasis kampung, maka akan banyak yang terlibat. Namun, ia juga tidak menampik, perubahan KRA ini juga terkait dengan dihapuskannya dana hibah untuk KRA.

Sebelumnya, setiap KRA memperoleh dana hibah Rp20 juta per tahun. Saat ini KRA yang aktif hanya mendapatkan bantuan Rp3 juta per tahun. Dana tersebut juga tidak diberikan dalam bentuk tunai, melainkan dalam bentuk konsumsi dan fasilitas narasumber ketika ada kegiatan.

Tidak hanya itu, kuota KRA yang mendapatkan bantuan dana juga terbatas. Hanya 10 KRA yang baru terbentuk tahun ini dan 30 KRA yang sudah terbentuk sejak 2014 lalu. Dana itu sudah dianggarkan di APBD 2018 ini.

Meski dengan keterbatasan dana, Octo mengklaim kegiatan KRA nantinya akan lebih terfokus. Pihaknya tengah menyiapkan kurikulum KRA berbasis kampung. “Kurikulum ini sebagai acuan dalam mengembangkan KRA sehingga KRA tetap berjalan,” kata dia.

Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja |

 

Film Dilan 1990 Sudah Ditonton 1 Juta Orang, Anda Sudah?

Previous article

BPBD Sleman Minta Warga Antisipasi Pergerakan Tanah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja