JogjaKUUniknya Jogja

Mengenang Bioskop Indra ,Tempat Nonton Kaum Elit di Jaman Belanda

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bioskop Indra kini tinggal kenangan.Dulu tempat ini jadi salah satu icon hiburan di Yogyakarta.Bioskop Indra yang terletak di Jalan Ahmad Yani ini sebentar lagi akan menjadi area baru bagi penataan PKL di kawasan Malioboro.

Bioskop Indra berdiri pada 1916 dengan nama Al Hambra, lantas berubah menjadi Indonesia Raya, yang lantas disingkat Indra. Pada jamannya Al Hambra adalah bioskop kalangan kelas sosial atas, baik bangsa Belanda, Tionghoa maupun Jawa. Kedua bioskop ini, menurut Antariksa, merupakan milik Nederlands Indische Bioscoop Exploitatie Maatschappij, cikal bakal NV Perfebi.

Bioskop ini semasa jaman Belanda merupakan bioskop dengan strata sosial yang tinggi, orang-orang dengan kemampuan finansial yang baik, menjadi penonton tetap di bioskop ini.

Pada tahun 70an juga merupakan titik puncak kejayaan Bioskop Indra, saat itu mereka bisa memutar hingga berkali-kali satu judul film dalam sehari.

Masuknya beberapa bioskop yang lebih modern dan adanya vcd menjadi titik balik runtuhnya masa keemasan bioskop ini.(DEN)

Ayo Nonton Gerhana di Alun Alun Kidul

Previous article

Pemerintah Tegaskan Parkir di Jalan Pasar Kembang Ilegal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU