JogjaKUUniknya Jogja

Mengenang Bioskop di Jogja

2
penghargaan film internasional
film (ist)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Di era keemasannya, Bioskop menjadi pusat hiburan rakyat Yogyakarta.Namun seiring dengan perkembangan jaman, bioskop pun tersingkirkan dan digantikan media menonton yang lain.Tercatat ada puluhan bioskop yang tinggal kenangan.

Bioskop Permata dan Indra merupakan sisa-sisa terakhir bioskop tua, bahkan bersejarah, di Yogyakarta.

Bioskop-bioskop tua lainnya sudah terlebih dulu tutup. Bioskop Mataram, bioskop non-21 yang terakhir tutup sebelum Permata dan Indra, kini hanya menyisakan pilar tembok.

Reruntuhan bioskop ini bisa dilihat di belakang ruko di Jalan Sutomo, sebelah selatan jalan layang Lempuyangan. Bioskop yang tutup pada September 2007 ini sempat menjadi bioskop bergengsi dengan kapasitas 650 kursi.

Bioskop lainnya yang perlu dicatat adalah Rahayu dan Soboharsono. Biokop Soboharsono kini telah berubah menjadi galery seni.Sedankan ex Bioskop Rahayu kini telah beralih fungsi untuk berbagai kegiatan perdagangan. Berbeda misalnya dengan fisik bioskop Presiden di Jalan Sudirman yang telah berubah total sebagai Hotel Novotel.

Ada pula yang lain seperti bioskop Ratih di Jalan Mangkubumi, Widya di Jalan Ibu Ruswo, Arjuna di Pingit, Jogja dan Senopati di shopping center, sampai Royal di pojok Jalan Demangan.Kini semuanya tinggal kenangan akan cerita indah saat menyaksikan aneka genre film di masa emas bioskop di Yogyakarta.( DEN)

Sungai Bawah Tanah Gunungkidul Tercemar

Previous article

Pegawai Pemkot Jogja yang Terbukti Memeras Pengusaha Warnet Akhirnya Dipecat

Next article

You may also like

2 Comments

  1. […] (2018). “Mengenang Bioskop di Jogja.” Starjogja, 1 Februari 2018. Diakses 30 November 2022 […]

  2. […] (2018). “Mengenang Bioskop di Jogja.” Starjogja, 1 Februari 2018. Diakses 30 November 2022 […]

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU