Flash InfoLifestyle

Siapa Pemilik Sepeda Motor Pertama di Indonesia?

0

STARJOGJA.COM – LIFESTYLE – Terlepas dari maraknya sepeda motor sekarang ini, sebenarnya kapan dan seperti apa sepeda motor yang pertama kali masuk Indonesia?

Dari berbagai sumber , Sepeda motor di Indonesia pertama kali dimiliki oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama John C. Potter pada tahun 1893. Sehari-hari J.C. Potter bekerja sebagai Masinis Pertama di pabrik gula Umbul Probolinggo, Jawa Timur. J.C. Potter juga dikenal sebagai penjual mobil yang mendapat kepercayaan Sunan Solo untuk mengurusi pengiriman mobil pertamanya dari Eropa.

Dalam buku Krèta Sètan dikisahkan bagaimana John C. Potter memesan sendiri sepeda motor itu ke pabriknya, Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen, Jerman. Sepeda motor itu tiba pada tahun 1893. Hal itu menjadikan J.C. Potter sebagai orang pertama di Indonesia yang menggunakan kendaraan bermotor.

Sepeda motor ini tidak menggunakan rantai dan roda belakang digerakkan langsung oleh kruk as. Meski berusia ratusan tahun, ternyata motor komersial pertama di dunia ini sudah mengusung teknologi yang sampai saat ini masih dipakai diantaranya adalah twin-silinder horizontal, 4 valve, berpendingin air, dan berkapasitas mesin besar yaitu 1.500 cc dengan bahan bakar bensin atau nafta.

Namun, meski bermesin besar tetapi tenaga kuda yang dihasilkan hanya 2,5HP saja pada 240rpm. Diperlukan waktu sekitar 20 menit untuk menghidupkan dan mestabilkan mesinnya.(DEN)

Foto: Wikiwand.com

Atasi Genangan Air Jalan Batikan, Kali Mambu akan Disudet

Previous article

Merekam Jejak Sejarah Gedung Agung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info