Kota JogjaNews

Jogja akan Merintis Becak Online

0
desa damai sleman
JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto Becak melintas di antara padatnya lalu lintas di kawasan Nol Kilometer Yogyakarta, Sabtu (13/05/2015). Becak kayuh menjadi salah satu ikon pariwisata Yogyakarta, kehadirannya sebagai moda transportasi kini terus terdesak laju pertumbuhan sepeda motor dan mobil.

STARJOGJA.COM, JOGJA--Pemerintah Daerah (Pemda) DIY berencana membuatkan aplikasi semacam Gojek, tapi khusus diperuntukkan bagi becak. Dengan adanya aplikasi tersebut maka akan ada kepastian tarif bagi penumpang.

Sehingga harga “nuthuk” pun bisa dihindari. Selain itu, aplikasi juga bisa digunakan penarik becak untuk mendapatkan tips dari toko oleh-oleh setelah berhasil mengantarkan penumpang.

Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan DIY Hari Agus Triyono mengatakan, wacana tersebut dimunculkan sebagai salah satu upaya untuk memberdayakan moda transportasi tradisional itu. Ia mengaku sudah melemparkan rencana tersebut saat bertemu dengan pengembang perusahaan rintisan.

Ia berkeinginan membuat aplikasi semacam Grab dan Gojek karena selama ini beberapa wisatawan mengeluh karena tarif yang diminta dengan yang disepakati sejak awal kerap berbeda. “Kalau uda ada aplikasi kan rutenya sudah jelas, tarifnya juga. Penumpang jadi merasa nyaman,” jelasnya di Kantor Dinas Perhubungan DIY, Jumat (9/2/2018).

Menurutnya selama ini ada penumpang yang merasa dirugikan saat menumpang becak, sebab ada proses tawar menawar tapi itupun kadang saat sampai lokasi, tarifnya jadi berubah.

Dengan adanya aplikasi maka tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Jika tarif dinilai kurang berkenan, konsumen tinggal membatalkan pesanan. “Sekarang seolah-olah penumpang merasa dipaksa.”I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja |

Aktor Senior Advent Bangun Meninggal Dunia

Previous article

Hunian dengan Konsep Smart Home Kini Menjadi Incaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja