Indonesia Hobi Chatting, WhatsApp Nomor Satu

0
21
Pengguna WhatsApp Segera Bisa Gunakan Stiker
Pengguna WhatsApp Segera Bisa Gunakan Stiker

STARJOGJA.COM, TEKNO – Penduduk Indonesia sangat aktif berkirim pesan menggunakan aplikasi media sosial. Laporan bertajuk Survey Penggunaan Teknologi Informasi Tahun 2017 yang dirilis Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan 84,76% responden menyatakan mereka pengguna aktif instant messenger (IM).

Jika ditilik berdasarkan wilayah, jumlah pengguna IM di daerah rural dan urban hampir sama. Sementara itu untuk aplikasi IM yang paling diminati, Whatsapp (WA) memuncaki pilihan responden. Baik di wilayah rural maupun urban, WA jadi pilihan pertama responden terbanyak yang berada di usia 20­-29 tahun yakni sebanyak 65,10%.

Kepopuleran WA sebagai aplikasi IM pilihan juga terlihat dalam survei online Mobile Instant Messaging Survei 2017 yang dilakukan DailySocial.

Sebanyak 97,24% responden survei mengaku pernah menggunakan WhatsApp dan 61,81% mengatakan bahwa WhatsApp adalah aplikasi instant messaging yang paling sering mereka gunakan.

Sementara itu aplikasi IM lain yang menjadi pilihan responden adalah LINE (88,49%), BBM (85.82%), dan Facebook Messenger (77,26%).

Dari jumlah pengguna IM tersebut, 40,19% memisahkan penggunaan IM berdasarkan jenis komunikasi—untuk pekerjaan dan untuk keluarga—sedangkan 59,81% sisanya tidak.

Adapun, di antara responden yang berpartisipasi dalam survei Daily Social, hanya ada kurang dari 1% yang menyatakan tidak menggunakan IM sama sekali.(DEN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here