Jenang Gempol : Manisnya Nostalgia Jenang Jogja

0
171

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bagi sebagian orang menikmati jenang atau bubur menjadi sebuah bagian dari keseharian yang telah dilakukan sejak mereka kecil.Unsur nostalgia sering membuat orang-orang rela untuk datang mencari jenang yang punya rasa yang khas.Salah satunya adalah keberadaan jenang gempol yang begitu menggoda selera.

Jenang gempol terbuat dari tepung beras dicampur dengan gula jawa yang manis dan berwarna coklat. Gempol merupakan sebutan untuk bulatan-bulatan sebesar kelereng yang dibuat dari tepung beras. Jadi jenang gempol adalah kuliner berupa bubur yang dalam penyajiannya diberi pelengkap berupa gempol. Tak hanya itu, gurihnya santan akan menemani setiap sendok jenang gempol yang Anda nikmati.

Tidak seperti bubur lainnya yang umumnya berwarna putih, bubur dalam jenang gempol berwarna cokelat, yang tidak lain merupakan perpaduan antara beras dan gula merah atau gula jawa. Dalam pembuatan bubur yang satu ini, Anda cukup menyediakan tepung beras, santan encer, gula merah dan daun pandan sebagai penambah aroma. Kuah santannya juga hanya terbuat dari campuran santan, sedikit garam dan daun pandan sebagai penambah aroma.

Untuk menemukan jenang gempol ada beberapa penjual yang sangat dikenal oleh masyarakat Jogja,seperti mereka yang berjualan di Pasar Prawirotaman, Pasar Lempuyangan ataupun di Pasar Pujokusuman.(DEN)

sumber gambar : Youtube / akhmad ikhwanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here