Kota JogjaNews

Pemda DIY & Polri Perlu Intensifkan Patroli Cyber dan Literasi Medsos

0
STARJOGJA.COM, JOGJA – Pendidikan budi pekerti sebagai bekal untuk dasar membangun karakter generasi muda, penting dihidupkan lagi oleh pemda DIY. Melalui pendidikan budi pekerti yang baik, kaum muda bisa mengenali akar masalah di internal dirinya juga sekitarnya.
Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menjelasakan hasil FGD bersama dengan pimpinan parpol, pimpinan perguruan tinggi, Kepala Sekolah, Kesbangpol DIY, Satpol PP DIY serta tokoh masyarakat menghasilkan empat butir rekomendasi.
“Kita mendukung Polri dan aparat hukum lainnya bertindak tegas terhadap teroris ini termasuk mengembangkan penyidikan guna mengungkap jaringannya dan pihak lain yang terlibat. Teroris atau siapapun yang terlibat harus dihukum seberat beratnya.” kata Eko Suwanto.
Berdasarkan kegiatan Focus Group Discussion “Strategi Pencegahan dan Penegakan Hukum Aksi Teror” yang diselenggarakan DPRD DIY menghadirkan juga nara sumber Kombes Pol Hadi Utomo, Direskrimum Polda DIY serta  Sulistyo, Asisten Pemerintahan Pemda DIY ada rekomendasi mendukung Pemda DIY segera melakukan konsolidasi bersama Polri, TNI berbasis desa dan kelurahan untuk bersama membantu pemetaan masalah atau potensi ancaman disetiap wilayah terkecil, melakukan pendidikan bagi warga, menjalankan fungsi deteksi dan cegah dini agar terhindar dari berbagai ancaman yang ada.
Rekomendasi yang lain, Pemda DIY berkonsolidasi dengan perguruan tinggi, sekolah dan tokoh keluarga, tokoh masyarakat agar menyelenggarakan suatu pendidikan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Budi Pekerti dengan mengedepankan strategi kebudayaan berbasis desa/kelurahan
“Khusus mensikapi perkembangan teknologi informasi. Kepada masyarakat diharapkan berhati-hati dalam memanfaatkan teknologi informasi. Kita dukung Pemda DIY melalui dinas kominfo bekerjasama dengan jajaran polri agar melakukan patroli cyber serta secara intensif melakukan literasi media sosial yang sehat. Netizen kita ajak agar gerakan internet sehat ini menggelora. Harapan kita edukasi pemanfaatan IT bagi masyarakat ini dapat menghindarkan penyalahgunaan internet. Pada tahun 2018 ini, kita dukung Pemda laksanakan 78 pertemuan untuk literasi media bagi generasi zaman now. Anak anak muda jago internet inilah yang akan menjadi garda terdepan wujudkan pemanfaatan internet yang sehat,” kata Eko Suwanto.(DEN)

Mayoritas Desa Wisata di Bantul Belum Produktif

Previous article

Reklame Tak Berizin di Jogja Timbulkan Kerugian Miliaran Rupiah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja