JogjaKUWisata

Mengenal Candi Morangan

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Candi Morangan berada di Dusun Morangan, Desa Sindu-martani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman. Candi Morangan ditemukan pada tahun 1884, dalam kondisi runtuh dan ditumbuhi semak belukar serta akar pohon. Runtuhnya Candi Morangan tidak lepas dari aktivitas Gunung Merapi.

Kondisi tanah di lokasi candi yang terdiri atas batu-batu dan pasir yang berasal dari luapan lahar Sungai Gendol merupakan bukti dari aktivitas tersebut. Candi Morangan berada pada kedalaman 2,5 m di bawah permu­kaan tanah sekarang.c

Candi Morangan terdiri atas 2 buah bangunan, yaitu candi induk dengan ukuran 7,95 m x 7,95 m menghadap ke arah barat dan candi perwara dengan ukuran 4 m x 4 m menghadap ke arah timur. Pahatan relief yang terdapat di Candi Morangan sebagian besar terdiri atas relief-relief binatang seperti kera, gajah, kijang, kelinci, singa, dan burung.

Latar belakang keagamaan Candi Morangan adalah Hindu. Hal ini berdasarkan temuan Yoni di candi induk. Mengenai kapan candi ini didirikan sampai saat ini belum dapat diketahui secara pasti, karena tidak ada prasasti yang dapat memberikan keterangan mengenai waktu pendiriannya.

Namun berdasarkan gaya seni arcanya, yaitu adanya hiasan pada beberapa arca berupa pita besar di kiri dan kanan pinggang arca seperti yang terdapat pada arca-arca di Candi Prambanan, maka diperkirakan Candi Morangan berasal dari sekitar abad IX Masehi, yaitu semasa dengan Candi Prambanan.

sumber : https://kebudayaan.kemdikbud.go.id

Rekonstruksi Kasus Klithih di Godean, Pelaku Peragakan 21 Adegan

Previous article

3 Langkah Mudah Ketahui Mobil Pernah Terendam Banjir

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU