Kota JogjaNews

Wakil Gubernur DIY Sedih Klithih Terus Terjadi

0

STARJOGJA.COM, JOGJA -Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengaku sedih atas maraknya aksi kekerasan yang dilakukan para remaja.

Menurutnya, berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemda DIY untuk mengatasi permasalahan ini, tapi tetap saja belum ampuh. Masyarakat diminta turut berperan aktif, karena selama ini partispasinya masih dianggap belum cukup.

“Upaya Pemda DIY enggak kurang-kurang. Tapi, yang kurang adalah partisipasi masyarakat. Masih cuek gitu. Kalau [masyarakat] lihat sesuatu, ya segera lah [ambil tindakan], bukan sambil lewat, karena enggak mungkin petugas ngawasin terus,” ujar dia di Kompleks Kepatihan, Senin (26/2/2018).

Kekerasan oleh pelajar remaja di DIY atau yang lebih dikenal dengan klithih memang belum menampakkan tanda-tanda akan berakhir. Terbaru, pelajar salah satu SMP di Kasihan, Bantul diserang tiga remaja tak dikenal pada Sabtu (24/2/2018) siang. Korban diserang dengan gir kendaraan yang diikat dengan tali yang dibawa oleh salah satu pelaku.

Ia menambahkan, partisipasi masyarakat adalah kata kunci demi mengurai masalah kekerasan remaja. Warga bisa mengambil peran dengan meningkatkan kepekaan pada lingkungan sekitar. Jika melihat ada remaja yang bergerombol atau ada anggota keluarga (yang itu masih remaja) tidak pulang-pulang, hendaknya masyarakat mengambil sikap. Tidak harus menindak sendiri, tapi bisa melaporkan ke kepolisian. I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja |

BPD DIY Manjakan Penggemar Tulus

Previous article

Dukung Pengrajin, Bupati Ajak Pakai Produk Lokal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja