Kab SlemanNews

Sleman Punya Konservasi Burung Hantu Serak Jawa

0

STARJOGJA.COM.SLEMAN – Pemerintah Kabupaten Sleman resmikan Ruang Publik Studi dan Konservasi Burung Hantu Serak Jawa, bertempat di Dusun Cancangan, Desa wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Rabu (14/3). Ruang Publik dan Konservasi Burung Hantu tersebut merupakan bantuan dari Dipo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Internasional Adi Sucipto Yogyakarta.

Pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu program CSR pertamina dalam turut menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan manfaat di lingkungan sekitar. Dalam hal ini pertamina bekerja sama dengan pemerhati burung predator indonesia, dengan kelompok tani margomulyo, dan warga dusun Cancangan.

Selain peresmian tersebut, juga diadakan Forum Komunikasi Penyuluhan Pertanian Swadaya Kabupaten Sleman yang bertujuan sebagai wadah tukar ide gagasan, serta problem Solving antar penyuluh dan petani Sleman, Rabu (4/3).

Assisten Sekertaris Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dra. Suyamsih mengharapkan dengan Rumah publik ini menjadi pendorong pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Wukirsari, Khusunya masyarakat Dusun Cancangan.

“Dengan adanya tempat konservasi dan Studi burung hantu ini kita dapat mengedalikan hama tikus Selain itu juga sebagai salah satu sarana pemulihan ekosistem lingkungan,” kata suyahmsih.

Ia menambahkan dengan adanya Rumah Publik tersebut juga menjadi tempat bertukar pengalaman dan belajar serta mengembangkan wawasan dalam berbagai hal, khususnya dalam pertanian dan pengembangan wilayah.

“dengan adanya tempat ini dapat dimanfaatkan sebaik – baiknya guna aktifitas desa, misal sebagai tempat belajar, penyuluhan , diskusi, dsb,” kata Suyamsih.

Selain itu suyamsih juga mengatakan bahwa jika warga memiliki tanah yang mau disumbangkan, warga boleh mengajukan bantuan pembangunannya kepada Pemerintah Kabupaten Sleman guna kepentingan desa melalui dana istimewa. Selaras dengan program Pemrintah Kabupaten Sleman bahwa di tiap dusun atau desa diharapkan memiliki tempat ruang publik serbanguna untuk pengembangkan kreatifitas warga desa.(DEN)

sumber gambar : https://id.wikipedia.org

 

Din Syamsudin : Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika Bisa Jadi Role Model Peradaban Dunia

Previous article

Vivo V9 Siap Meluncur di Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman