JogjaKUSejarah

Tugu Ngejaman Penanda 1 Abad Belanda Berkuasa di Jawa

0
DIY Tidak Hujan

STARJOGJA.COM.JOGJA-Saat kita berada di kawasan Malioboro tepatnya di sekitar Pasar Beringharjo,ada satu bangunan yang jadi icon tempat ini.Tugu Ngejaman Namanya !

Tugu Ngejaman atau stadsklok merupakan penanda waktu bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Tugu jam ini terdiri dari dua bagian yaitu alas berbentuk persegi dan sebuah jam berbentuk bulat yang berada di atasnyaJam tersebut didirikan pada tahun 1916.

Tugu Ngejaman berada di lokasi strategis yaitu di sisi Jalan Margamulya atau tepat berada di depan Gereja GPIB Margamulya. Tugu jam tersebut didirikan masyarakat Belanda untuk memperingati satu abad kembalinya Pemerintahan Kolonial Belanda dari Pemerintahan Inggris yang pernah berkuasa di Jawa pada awal abad 19 (1811 – 1816).

Tinggi alas jam ini sekitar 1,5 meter, diukur dari permukaan jalan. Diameter jam berukuran 45 cm. Dahulu jam ini bergerak dengan sistem pegas yang harus diputar setiap waktu tertentu. Warga sekitar Ngejaman secara bergantian memutar pegas jam tersebut, agar jam tetap hidup dan bermanfaat bagi masyarakat.( DEN- https://kebudayaan.kemdikbud.go.id )

Orang Muda Jadi Perhatian Kampanye Gaya Hidup Sehat Prodia

Previous article

Kolaborasi dengan Nasirun, Penyanyi Trie Utami Pamerkan Lukisan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU