JogjaKUUniknya Jogja

Tempe Besengek Kuliner Unik Kulon Progo

0

STARJOGJA.COM, KULONPROGO- Datang ke Kulon Progo belum lengkap rasanya bila belum mencoba kenikmatan kuliner uniknya. Salah satu yang wajib dicoba adalah tempe besengek.

Dari segi nama yang unik, tempe besengek mampu mencuri perhatian para wisatawan untuk mencobanya. Tempe besengek adalah kuliner khas Kulon Progo yang terbuat dari tempe benguk.
Tampilannya pun sangat unik yakni berwarna hitam khas biji benguk dan diselimuti putihnya santan.

Proses pembuatan tempe besengek ini tergolong cukup lama dan rumit. Pada awalnya biji benguk diproses menjadi tempe dengan cara pengolahan persis seperti pembuatan tempe kedelai pada umumnya. Dari tempe benguk yang sudah jadi kemudian diproses menjadi tempe besengek.

Dengan bumbu-bumbu yang khas, proses pemasakan tempe besengek ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Tempe besengek ini sangat mudah dijumpai di pasar-pasar daerah Kulon Progo dan di jual dengan harga yang sangat terjangkau.Tak perlu mahal untuk menikmati kuliner unik ini.

Tempe besengek ini sangat cocok disajikan ketika cuaca dingin disandingkan dengan geblek atau growol dan ditemani kopi menoreh hangat.

Jadi bila anda berkunjung ke Kulon Progo, jangan lupa sambangi pasar tradisional dan cari tempe besengek ya! (DEN/dinpar.kulonprogokab.go.id)

JOOX Indie Workshop Maksimalkan Potensi Musisi Independen di Daerah

Previous article

Dehidrasi Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU