Kab BantulNews

PG Madukismo Rencanakan Giling 503.880 ton Tebu

0

STARJOGJA.COM.BANTUL – Pabrik Gula Madukismo pada tahun 2018 merencanakan menggiling tebu sebanyak 503.880 ton untuk memproduksi gula.

“Jumlah tebu yang akan digiling diperkirakan sebanyak 503.880 ton yang berasal dari tebu rakyat kemitraan maupun tebu rakyat mandiri,” kata Direktur PT Madu Pabrik Gula PS Madukismo Yogyakarta Rahmad Edy Cahyono disela acara Kirab Tebu Manten, Jumat.

Menurut dia, tebu yang akan digiling tersebut berasal dari 10 kabupaten di seluruh DIY dan Jawa Tengah yaitu Kabupaten Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul (DIY), dan Magelang, Temanggung, Purworejo, Kebumen, Sragen dan Purbalingga.

Direktur PT Madu Pabrik Gula Madukismo mengatakan, total lahan tebu di 10 kabupaten DIY dan Jateng tersebut seluas 7.559 hektare.Menurut dia, PG Madukismo Yogyakarta yang merupakan satu-satunya pabrik gula di DIY ini akan memulai giling tebu pada Kamis Legi (26/4) dan diharapkan selesai pada akhir Oktober 2018.

“Proses giling akan berjalan selama kurang lebih 173 hari dengan kapasitas giling harian rata-rata sebanyak 3.500 ton tebu,” kata Rahmad Edy Cahyono.

Ia menjelaskan, dengan perkiraan rendemen sebesar 7,3 persen, maka jumlah gula yang dihasilkan diperkirakan sebanyak 37.000 ton, disamping itu akan mengolah gula mentah sebanyak 50.000 ton yang diperkirakan menjadi gula pasir 46.000 ton.(DEN/ANTARA)

Gara-Gara Sapi Lepas, Elf Tabrak Mobil

Previous article

Barcelona Prioritaskan Rekor

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul