Info KopiKab SlemanKOPIKUNews

Harum Kopi Merapi Hadir di Helsinki Coffee Festival 2018

0

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Selama tanggal 20-22 April 2018, di Kaapelitehdas, Helsinki, Finlandia, aroma harum yang khas dari Kopi Merapi dan Kopi Gayo dari Indonesia menyebar diseluruh ruang pameran Helsinki Coffee Festival 2018. Promosi kedua jenis kopi tersebut merupakan salah satu bentuk promosi yang dilakukan KBRI Helsinki bekerja sama dengan Kabupaten Sleman dan koperasi kopi Arinagata pada pameran kopi Helsinki Coffee Festival 2018, terbesar di kawasan Eropa Skandinavia, Nordik dan Baltik.

Finlandia merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia, 12 kg per orang per tahun. Dengan populasi 5,5 juta jiwa dan GDP (2017) USD 45.884 per kapita per tahun, negara ini merupakan pasar kopi sangat menggiurkan.

Mempertimbangkan potensi tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia, Wiwiek Setyawati Firman melihat pentingnya Indonesia untuk terus mempromosikan kopi kepada masyarakat Finlandia secara berkesinambungan. Promosi Kopi melalui pameran Helsinki Kopi Festival yang telah dilakukan semenjak tahun 2016 merupakan salah satu platform yang efektif untuk mempromosikan kopi Indonesia di kawasan ini.

Tahun ini, Indonesia focus mempromosikan 2 jenis kopi dari Indonesia, yaitu Kopi Aceh Gayo dan Kopi Merapi dari Sleman, Yogyakarta. Selama pelaksanaan Helsinki Coffee Festival, kopi-kopi Indonesia menjadi salah satu pusat perhatian para pecinta kopi, pemilik roaster, dan kafe yang berasal dari Finlandia dan juga dari beberapa negara tetangga, seperti Estonia dan Latvia.

Kopi Indonesia yang diperjual belikan di Kafe dan supermarket di Finlandia dibeli dari perusahaan pihak ketiga di Jerman, Belanda dan Inggris. Saat ini Pemerintah Indonesia terus mengupayakan pembelian secara langsung dari petani kepada pararoaster dan reseller sehingga tercipta direct trade dan fair trade yang lebih adil dan menguntungkan petani kopi secara langsung.

Diharapkan dengan mengikuti Helsinki Coffee Festival, kopi Indonesia dapat meluaskan penetrasi pasar tidak hanya di Finlandia, namun juga negara sekitar. Selama 3 hari, Stand Indonesia terlihat ramai dikunjungi para penggila kopi, pengunjung sangat menikmati Kopi Merapi single origin jenis Arabica yang memiliki aroma bunga dan rempah-rempah. Seluruh kopi yang dipromosikan pada Helsinki Coffee Festival merupakan produk organik dengan kelas premium.

Dalam upaya untuk mempromosikan dan mengedukasi publik Finlandia mengenai Kopi Merapi, Bupati Sleman Sri Purnomo memanfaatkan panggung utama yang disediakan oleh Panitia, untuk mengenalkan kopi Merapi dan bagaimana para petani kopi bangkit kembali setelah bencana meletusnya Gunung Merapi pada tahun 2010.

Konsumsi kopi di Finlandia per tahun dilaporkan cbi.eu pada tahun 2015 mencapai 66 juta kg. Sebanyak 50 juta kg roasted coffee (kopi panggang) siap konsumsi diproduksi oleh perusahaan-perusahaan pemanggangan dalam negeri Finlandia, 16 juta kg lainnya diimpor, selebihnya sebanyak 1 juta kg dikonsumsi sebagai kopi cepat saji. Perusahaan Kopi Finland, Paulig juga merupakan eksporter kopi terbesar kedua ke Rusia.

Produk kopi Indonesia memang sudah beredar di pasar Finlandia melalui perusahaan pemasok kopi terbesar di Finlandia Pauligdengan nama produk Indonesian Coffee, Sumatera Coffee dan West Java Coffee. Roaster-roaster skala medium seperti Warrior Coffee, Kaffa dan Mokkamestarit juga telah mengenal dan menjual kopi Indonesia, dan Kopi Merapi termasuk produk kopi nusantara yang diterima pasar Finlandia dan kawasan Eropa.(DEN)

Peringati Hari Kartini, Innside Hotel Yogyakarta Layani Pemeriksaan Pap Smear Gratis

Previous article

14.880 Siswa Ikuti UNBK di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Info Kopi