Flash InfoLifestyle

Inilah Varian Baru Motor Matik Keluaran Suzuki

0

Starjogja.com, Jogja – Sepeda motor Suzuki bisa dibilang masih kalah dengan Yamaha apalagi Honda dalam hal penjualannya di Indonesia. Namun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) divisi sepeda motor tak mau tinggal diam. Setelah cukup lama tidak mengeluarkan varian baru di kelas matik, kini Suzuki akan bersaing dngan Honda Beat ataupun Yamaha Mio. Jagoan matik keluaran Suzuki tersebut adalah Suzuki Nex II.

Melansir Kompas.com pada Kamis (26/4), Suzuki Nex II sudah resmi menunjukkan wujudnya kepada publik, di lantai pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Meski belum membuka keran informasi detail soal spesifikasi model baru ini, pihak Suzuki melalui Riecky Patrayudha, Assistant to Departement Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengungkap beberapa perbedaannya dengan model lawas.

Mesin Sisi jantung pacu, kata Riecky, Nex memiliki mesin yang berbeda dengan versi lama, di antaranya terkait injektor yang lubangnya menjadi lebih banyak (6 hole), di mana sebelumnya hanya 4 hole. “Selain itu di sisi Engine Control Module (ECM) kami rekonfigurasi lagi, untuk mengejar sporty,” ucap Riecky.

Riecky melanjutkan, rasio gear juga dibuat lebih kecil untuk mengejar torsi, sehingga milik Nex II lebih besar dibanding yang lama.

“Lalu, sistem pengapian dan kelistrikan baru, di mana dahulu berjenis arus AC sekarang DC. Ini demi kemudahan konsumen sebenarnya,” kata Riecky. Efek positifnya kara Riecky, ketika aki pada motor mati total, masih bisa dinyalakan dengan Kick Starter atau secara manual. “Kalau sistemnya AC, aki sudah tidak bisa digunakan saat sudah 9 volt. Jadi Jadi kami yang mengarahkan ke sana (kelistrikan arus DC),” kata Riecky.

“Saat ini mengadopsi jenis baru, yang didapat dari improvement Nex lawas. Model baru ini lebih panjang wheel base 2,5 cm daripada model yang lamanya,” kata Riecky. Kompensasinya, kata Riecky, stabilitas motor lebih bagus ketika dipacu pada kecepatan menengah dan tinggi. Lalu posisi berkendara juga dibuat menjadi lebih santai, serta floorboard-nya lebih luas. Eksterior Ini yang paling nampak di mata.

Tampilannya sudah jauh berbeda dari model Nex lawas yang berkesan “cupu” dan seperti terintimidasi. Sementara saat ini sudah total berubah, dengan styling design lebih agresif, sporty dan futuristik. Pada bagian depannya juga terinspirasi dari GSX1000 juga versi GSX 150 nya. Pengembangannya sendiri dilakukan di Indonesia selama kurang lebih dua tahunan. (AM)

Mahasiswa FKH UGM Kampanye Pengurangan Sampah Plastik

Previous article

Mengenal Sejarah Bangunan MAN Yogyakarta II

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info