Kab SlemanNews

Sleman kembali menambah Kampung Siaga Bencana

0
Jalan Gito-Gati
Pemkab Sleman

STARJOGJA.COM.SLEMAN – Sleman kembali menambah Kampung Siaga Bencana.Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengukuhkan Desa Tirtoadi sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB), Minggu (29/4), di Lapangan Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman. Pembentukan KSB tersebut bertujuan untuk menghindari kerugian yang lebih besar ketika terjadi bencana di Kabupaten Sleman.

Acara yang diinisiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Sleman tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Sebelumnya sebanyak 50 warga Desa Tirtoadi bersama dengan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kabupaten Sleman melakukan latihan mitigasi bencana mulai hari Jumat (27/4). Adapun bencana yang disimulasikan pada kesempatan tersebut ialah bencana angin puting beliung dan gempa bumi.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Sri Murni Rahayu, SH, MM menjelaskan bahwa pengurangan risiko bencana dapat dilakukan dengan kesiap-siagaan masyarakat dalm menganggulangi bencana itu sendiri. Hal tersebut menurutnya dapat dilakukan dengan pelatihan siaga bencana berbasis masyarakat, yaitu dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang ada di daerah tersebut.

Desa Tirtoadi merupakan KSB yang ke-11 yang telah dikukuhkan di Kabupaten Sleman sejak tahun 2011 lalu. Pada kesempatan tersebut turut diserahkan bantuan peralatan dan perlengkapan penanggulangan bencana oleh Dinas Sosial DIY.(DEN)

Mengenal Musholla ‘Aisyiyah

Previous article

Harga Redmi 5A Naik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman