News

PMI Jamin Stok Darah Aman Selama Bulan Ramadhan

0
darah terlalu kental

Starjogja.com, Jogja – Jumlah pendonor pada saat bulan puasa diprediksi berkurang. Namun Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin stok darah di lima kabupaten/kota selama Bulan Ramadhan 1439 Hijriah aman.

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY Suryanto mengatakan untuk bulan Ramadhan tahun ini, masing-masing Unit Donor Darah memiliki strategi yang berbeda menyesuaikan kondisi masyarakat maupun Unit Donor Darah Kabupaten/Kota.

Suryanto mencontohkan seperti yang dilakukan Unit Donor Darah PMI Kota Yogyakarta, sejak Selasa (15/5) telah melakukan upaya jemput bola dengan menyebar pesan melalui media sosial WhatsApp ke 5.000 pendonor darah sukarela untuk mendonorkan darahnya.

Strategi lain yang dilakukan PMI Kota Yogyakarta adalah dengan membuka pelayanan donor darah mulai tanggal 16 Mei sampai dengan 16 Juni 2018 pada pukul 07.00-24.00 WIB. Selain itu mengimbau masyarakat untuk mendonorkan darahnya setelah Tarawih.

Sementara untuk PMI Kabupaten Sleman, Bantul, Gunungkidul dan Kulon Progo membuka pelayanan donor darah mulai pukul 08.00-12.00 WIB dan pada pukul 18.00-22.00 WIB.

Di PMI Bantul sendiri telah menyediakan bingkisan bagi pendonor darah yang mendonorkan darahnya di UDD PMI Kabupaten Bantul berupa kaos selama bulan Ramadhan. Sedangkan PMI Kabupaten Sleman dan Kulon Progo akan memberikan doorprize kepada pendonor darah yang beruntung dalam pengambilan undian yang akan diundi pada akhir Ramadhan.

Suryanto mengatakan kebutuhan darah di DIY selama ini selalu tercukupi bahkan PMI DIY mampu menyuplai daerah lainnya. Berdasarkan data akhir tahun 2017, PMI telah memenuhi kebutuhan itu sebanyak 69.975 kantong darah atau sekitar 94 persen dari kebutuhan darah di DIY.

(AM|Sumber: Antara)

BI Mulai layani Penukaran Uang Untuk Persiapan Lebaran

Previous article

Beginilah Puasa Bagi Penderita Maag

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News