Kab SlemanNews

Juru Kunci Merapi Minta Warga Tetap Tenang

0
Juru kunci Gunung Merapi
Juru kunci Gunung Merapi (istimewa)

Starjogja.com, Sleman .Gunung merapi yang pada hari Kamis (24/5/2018), sempat meletus sebanyak dua kali, hari ini Jum’at (25/5/2018), kondisi gunung teraktif di dunia tersebut kondusif dan tidak ada gejolak berarti.

” Kondisi Merapi pagi ini kondusif, baik dan tidak ada gejolak apapun,” kata Mas Kliwon Surakso Hargo Asihono akrab dipanggil Asih, Juru Kunci gunung Merapi kepada Star Jogja di acara Lintas Kota Jumat (25/5/2018).

Bagi masyarakat yang ingin beraktifitas seperti sedia kala dipersilahkan, akan tetapi disarankan untuk waspada. “Jangan lupa selalu berhati-hati, jangan sampai lengah dengan kondisi gunung Merapi sehingga ketika merapi bergejolak masyarakat tau dan sadar,” imbuhnya.

Meskipun demikian Asih berharap masyarakat lereng merapi selalu siaga, tenang dan tidak panik. Terkait warga yang mengungsi di barak pengungsian, ia menyebut ada di dua dusun.

” Saat ini ada yang mengungsi di dusun Kali Tengah Lor dan Kali Tengah Kidul, mereka adalah para lansia, ibu hamil dan balita,” katanya.

Asih mengingatkan kepada masyarakat agar selalu tanggap dengan kondisi gunung Merapi. Warga juga diminta untuk selalu siap baik mental maupun fisik, mengantisipasi terjadi kecelakaan apabila harus ada proses evakuasi.

”Warga harus tanggap adanya gejolak Merapi sehingga tau apa yang harus dilakukan dan juga dipersiapkan, seperti alat komunikasi dan sarana transportasi, tidak kalah penting mental dan fisik harus dipersiapkan agar tidak panik dan takut,” katanya.(AM/BY)

 

JCM Siap Gelar Jogja Fashion Rendezvous 2018

Previous article

Periksa di RSUD Wonosari Bisa Daftar Online

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman