Kota JogjaNews

Gaet Generasi Millenial Lewat Flash MOB #AYOSINAUPANCASILA

0

STARJOGJA.COM.JOGJA – Aneka peringatan hari Pancasila, 1 Juni di Yogyakarta dilakukan oleh berbagai elemen. Selain dengan refleksi, pentas musik dan orasi ada juga kegiatan unik dilakukan di kawasan Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

“Flashmob di Titik Nol Kilometer, untuk membangun kesadaran generasi millenial agar mau belajar Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia,” kata Endro Sulaksono, koordinator aksi FlashMob #AyoSinauPancasila, di Yogyakarta, Jumat, 1/6/2018.

Bersama dengan sejumlah elemen perwakilan mahasiswa dari berbagai daerah yang tengah belajar di Yogyakarta, Endro Sulaksono dan kawan-kawan ingin mengajak anak muda millenial untuk ikut aktif.

Kesadaran untuk turut serta dalam proses pembangunan karakter bangsa, terutama di kalangan anak muda, kaum muda millenial sangat strategis guna menumbuhkan rasa cinta tanah air juga rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia.

“Pilihan aksi flash mob yang dilakukan di Titik Nol Kilometer, Yogyakarta pada pukul 17.00 WIB, Jumat 1 Juni 2018 sebagai tanda bersatunya semangat kaum muda untuk bergandeng tangan bersama,” kata Endro Sulaksono.

Mereka anak-anak muda dari berbagai daerah di nusantara berkumpul dengan semangat yang sama, meski berbeda keyakinan, berbeda bahasa, berbeda asal daerah tapi satu sikap.

Lewat tagar #AyoSinauPancasila, yang bisa diaplikasikan untuk ajakan bersama kembali belajar dan mendalami nilai-nilai Pancasila seperti yang digali oleh Ir Soekarno.

Flashmob dilakukan dengan puluhan peserta dengan mengenakan kaos, putih bertuliskan huruf kapital warna merah dg abjad sesuai urutan. Di sela aksi, peserta berbagi juga paket takjil untuk berbuka puasa bersama warga.

Tujuan untuk memberikan kesadaran bahwa tak boleh ada ketakutan untuk bicara ideologi, di negeri ini ada konstitusi, UUD 1945 yang menjamin kemerdekaan berekspresi, berserikat dan berkumpul.

“Semoga saja, selalu ada keberanian untuk bersikap sesuai ideologi Pancasila,” kata Endro Sulaksono.(DEN)

UPDATE : Jam 21.00 WIB Merapi Kembali Erupsi

Previous article

73 Tahun Lahirnya Pancasila

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja