Kota JogjaNews

Ratusan Warga Berebut Berkah Gunungan

0
grebeg gunungan
gunungan Kraton Yogyakarta

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kraton Ngayogjakarta ,Jumat ( 15/06/2018) menggelar Upacara Grebeg Syawal.Ada 7 Gunungan yang dibawa dari Keraton Yogyakarta, diarak bersama pasukan prajurit Bregodo.Hajad Dalem Garebeg Sawal dari tahun ke tahun selalu menarik minat masyarakat.

Yang berusaha mendapatkan ‘berkah’ dari gunungan tak hanya warga DIY saja. Ada juga yang dari luar daerah. Salah satunya dari Malang, Jawa Timur. Gatot Sanjaya, warga asal Malang, mengaku sengaja datang ke DIY untuk mengikuti Hajad Dalem Garebeg Sawal. Ia berangkat dari malang pada Kamis (14/6) bersama dengan istri dan anak-anaknya.

“Saya sengaja datang ke sini, karena bagi beberapa orang, dapat bagian gunungan akan membawa berkah. Selain itu acara ini juga seru. Sebelumnya saya sudah sempat ikut juga. Tapi kalau sama keluarga baru ini,” jelas Gatot, Jumat (15/6).

Gatot berhasil mendapatkan beberapa kue kering yang berwujud seperti bunga. Ia mengaku akan memakan kue-kue itu bersama anak dan istri.

Pada Garebeg Sawal, total terdapat tujuh buah gunungan yang terdiri dari tiga buah Gunungan Kakung, satu Gunungan Estri, satu Gunungan Gepak, satu Gunungan Darat dan satu Gunungan Pawuhan.

Ketiga Gunungan Kakung diarak dan dibagikan ke tiga tempat berbeda, yakni Kagungan Dalem Masjid Gedhe, Pura Pakualaman, dan Kepatihan. Sedangkan gunungan lain dibagikan di Masjid Gedhe.(DEN/Sawitra )

Pemuda GKJ Bantu Pengamanan dan Kelancaran Solat Id di Wates

Previous article

Jadi Penceramah, Kapolda DIY Singgung Pemilu 2019

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja