JogjaKUWisata

Yuk Menikmati Sejuknya Embung Tegaltirto Berbah Sleman

0

STARJOGJA.COM,SLEMAN – Tak jauh dari Obyek wisata Lava bantal,ada embung yang bisa juga dikunjungi.Sejuknya udara dan teduh serta hijaunya pemandangan membuat kita bisa sejenak beristirahat dari keriuhan suasana. Embung yang dimanfaatkan sebagai penampungan air ini ada di Dusun Candirejo, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman.

Selain berfungsi sebagai tampungan air, embung ini dibangun juga untuk obyek wisata melengkapi wisata lava bantal.Jika dari area Lava Bantal letak embung ini berada sekitar 200 meter di sebelah selatannya. Anda tinggal berjalan kaki menuju lokasi embung ini.

” nggak jauh kok kalau mau jalan kaki ke sana.tinggal menyusuri jalan kecil itu ” kata Petugas Jaga Lava Bantal,Warno.

Namun jika ada menggunakan kendaraan, anda bisa menelusuri jalan desa menuju tempat ini.Suasana asri dan hijau menjadi pengantar perjalanan menuju embung.

Dibangun sebagai obyek wisata, sejumlah fasilitas tersedia di embung Tegaltirto, mulai dari sejumlah gazebo, kamar mandi, hingga pendopo bisa digunakan pengunjung.Suasana tempatnya begitu sejuk dan bersih.Keramahan warga sekitar menjadikan para wisatawan seolah berada di wilayahnya sendiri.

Berada di tepi sungai dan dikelilingi kebun warga, menjadikan tempat ini cukup tenang, dengan udara yang juga sejuk.

” tempatnya tenang dan sejuk.udaranya seger banget .hijaunya pepohonanan bikin adem” tutur Dewi,salah seorang pengunjung.

Untuk wahana rekreasi, terdapat sepeda air, dan perahu bebek.Sayang saat berkunjung ke sana,Star Jogja.com tak sempat mencoba wahana air ini. Ada beberapa warung kecil yang menjual makanan kecil dan aneka minuman yang bisa dipilih untuk jadi teman menikmati suasana embung.

Peresmian embung Tegal tirto beserta area lava bantal sebagai obyek wisata itu dilakukan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkububowono X pada akhir Mei 2016 lalu. Embung ini dibangun persis di tepi sungai Opak.Embung yang dibangun mulai tahun 2015 ini mampu menampung air dengan kapasitas 12 ribu meter kubik air.(DEN)

Saat Hobi Bersepeda dan Ngopi Jadi Satu di Coffee Bici

Previous article

Selamat Jalan Kang Hari

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU