Kab SlemanNews

Bunga Bintang Lima Terbukti Berkhasiat Sebagai Obat Mata

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Tiga mahasiswa Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Sekolah Vokasi (SV) UGM meneliti kandungan bunga bintang lima.Tanaman ini banyak digunakan masyarakat untuk mengobati penyakit mata.

Riska Annisa, Krida Tri Wahyuli, dan Yulinda Fatmawati melakukan penelitian ini melalui Program Kretaivitas Mahasiswa bidang Penelitian Eksakta(PKM-PE) UGM 2018.

“Penggunaan obat tradisional banyak dilakukan masyarakat, termasuk mengobati iritasi mata dengan bunga bintang lima yang mudah didapat di lingkungan sekitar,” kata Riska Seperti dikutip dari ugm.ac.id, Sabtu (30/6).

Penggunaan bunga ini, sudah dilakukan masyarakat secara turun temurun. Dipakai untuk mengatasi mata gatal dan merah karena infeksi dan lainnya.

” hingga kini belum ada penelitian khusus untuk mengetahui manfaat kandungan bunga bintang lima sebagai obat iritasi mata” katanya.

Kondisi itu mendorong ketiga mahasiswa ini untuk meneliti lebih lanjut kandungan dari bunga bintang lima. Hasilnya menunjukkan bunga ini mempunyai kandungan senyawa etanolik

Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa bunga bintang lima memiliki kandungan senyawa etanolik yang meliputi 4,71% alkaloid, 39,80% tannin, 1,90% flavonoid, 35,14% saponin, dan 1,21% steroid.

“Karena bunga bintang lima memiliki komposisi senyawa etanolik maka berpotensi untuk digunakan sebagai obat iritasi mata,”pungkasnya. (DEN)

2 Gol Cavani Membuat Ronaldo Menangis

Previous article

UNY Punya Gerakan Cinta Fabel Bocah Cilik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman