Kab BantulNews

Keren , Kelompok PKM UMY Ciptakan Robot Pengukur Jalan

0
SADEWA ROBOT (Street Detector Walking Meter)

STARJOGJA.COM,BANTUL – Pembangunan sarana infrastruktur di Indonesia masih seringkali terkendala.Salah satu faktornya adalah pengukuran topografi tanah pada wilayah yang akan dibangun jalan raya.

Untuk memberikan solusi atas permasalahan ini salah satu kelompok PKM-KC (Program Kreativitas Mahasiswa – Karsa Cipta) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mencoba turut berkontribusi melalui SADEWA ROBOT (Street Detector Walking Meter).Robot ini membantu proses pengkuran topografi tanah yang selama ini masih dilakukan dengan cara manual.

“Pengukuran topografi tanah oleh surveyor khususnya panjang dan lebar jalan membutuhkan waktu yang lama dikarenakan penggunaan alat ukur walking distance meter atau pita ukur yang masih manual. Oleh karena itu diperlukan sebuah alat yang berfungsi untuk mengukur panjang dan lebar wilayah yang akan dibangun jalan raya secara otomatis dan terintegrasi dengan komputer,” ungkap Amir Malik Hizbullah, mahasiswa Teknik Elektro 2014 UMY dalam rilis yang diterima Starjogja.com,Jumat ( 20/07/2018).

Amir menyebutkan SADEWA dapat menjadi solusi yang tepat dan efisien dalam proses yang diperlukan untuk membangun jalan di wilayah Indonesia. Dengan memanfaatkan SADEWA ROBOT, Implementasi Teknologi Pengukur Jalan, ini dapat membantu pengukuran wilayah yang akan dibangun jalan raya.
” Robot ini memiliki sensor encoder untuk pengukuran dan sistem monitoring data yang terukur pada LCD display, smartphone android, dan komputer. Sistem monitoring data juga terkoneksi dengan internet sehingga dapat memantau secara riil time. Robot ini juga dilengkapi dengan antena pemancar sebagai ground station, telemetri sebagai pengirim dan penerima data, dan remote control sebagai kendali robot,” ujarnya.
Kelompok PKM-KC SADEWA berharap robot ini dapat berguna untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia, terutama untuk wilayah yang belum memadai kelengkapan infrastrukturnya.

Cara BNN Sleman Ajak Warga Tolak Narkoba

Previous article

Ada Promo di Gerai Baru Garuda Indonesia di JCM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul