News

Tampilkan 5 Tradisi, Festival Upacara Adat DIY Digelar di Kulonprogo

0
sejarah kulon progo
Kabupaten kulonprogo

STARJOGJA.COM, JOGJA – Kabupaten Kulonprogo ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Upacara Adat 2018 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Festival tersebut akan dilangsungkan pada Minggu (22/7/2018).

Kepala Bidang Adat dan Seni Tradisi Dinas Kebudayaan DIY,  Setyawan Sahli mengungkapkan, kegiatan yang akan dilangsungkan di Alun-alun Wates itu diikuti oleh empat kabupaten dan satu kotamadya di DIY yang akan menampilkan upacara adat unggulan masing-masing.

Festival tersebut ditujukan menjadi sarana melestarikan budaya Jawa dan memperkenalkan beragam upacara adat yang ada di DIY kepada masyarakat.

“Festival tersebut akan mengambil rute dari UNY Kampus Wates menuju ke barat, melewati Jalan Bhayangkara dan berakhir di Alun-alun Wates,” kata  Setyawan,seperti dikutip dari Harianjogja.com.

Dalam festival tersebut, lebih kurang 500 peserta dari lima wilayah di DIY akan turut berpartisipasi. Kontingen Kulonprogo akan menampilkan Kembul Sewu Dulur, Kabupaten Bantul akan memampilkan Upacara Gilanglipuro, Kabupaten Gunungkidul menampilkan Upacara Watu Mante.

Sementara itu Upacara Bakdo Kupat akan ditampilkan oleh kontingen Kota Jogja dan Kabupaten Sleman akan menampilkan Upacara Wiwit Agung.

Setyawan berharap, festival tersebut bisa membuat upacara adat yang dimiliki oleh Provinsi DIY lebih dikenal oleh masyarakat luas, dapat tampil serta berkompetisi di luar kota.

What so called “Teman Sejati”

Previous article

Anji Ajak Indonesia Berpesta

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News