News

Ini Potret Kemeriahan Pembukaan FKY 2018

0

STARJOGJA.COM,Ribuan warga tak patah semangat untuk menikmati pawai pembukaan FKY,meski panas terasa begitu menyengat. Masyarakat Yogyakarta mulai menyemut sejak jam 14:00 WIB di kiri kanan jalan Malioboro.

foto : Bobi Visca

Mereka dengan sabar menanti mulai digelarnya Pawai Pembukaan FKY 30 Mesemeleh yang kali ini dikemas dalam bentuk karnaval topeng.   Terhitung ada 29 kontingan dari berbagai latar belakang seni, budaya, dan daerah memeriahkan pawai yang mengambil rute Taman Parkir Abubakar Ali – Jl. Malioboro – Nol Kilometer tersebut.

Foto : Bobi Visca

Sekretaris Daerah DIY, Ir Gatot Saptadi dalam sambutannya mengharapkan penyelenggarakan FKY ini menambah keragaman kreatifitas dan unjuk kerja para seniman, budayawan, serta seluruh masyarakat secara optimal dan maksimal.Diharapkan pula masyarakat lebih berapresiasi terhadap seni budaya lokal sendiri, karena makin banyak apresiasi, makan berkembang pula seni budaya itu.

Usai memberikan sambutan, Sekretaris Daerah DIY bersama Ketua FKY 30, Ketua DPRD DIY H Yoeke Indra Agung L, SE., Wakil Ketua DPRD DIY – Arif Noor Hartanto dan Komandan Korem 072 Pamungkas Yogyakarta Brigjend M. Zamroni bersama-sama memukul kentongan sebagai simbol dibukanya FKY 30.

Foto : humas FKY

Kelompok musik Senyawa langsung meneruskan kemeriahan tersebut dengan tampil di panggung tinggi tepat berada di belakang panggung yang sebelumnya ditempati para pengrawit.

Foto : Humas FKY

Kontingen pawai ini tidak hanya berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya, terlihat ada yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Komunitas NTT Waikabubak, dan dari Komunitas Papua.

foto : Bobi Visca

Terselip pula di antara para peserta pawai, kontingen Maskot FKY yang menampilkan Topeng Panji. Topeng Panji ini menggambarkan kelahiran bayi dari golongan bangsawan yang memiliki wibawa dan ketenangan seorang pemimpin. Dalam falsafah Jawa, Panji mempunyai gambaran filosofi budi luhur serta penyerahan diri kepada Tuhan. Hal tersebutlah yang membuat manusia hidup dengan ketenangan batin sehingga berguna bagi masyarakatnya.

foto : Humas FKY

Selain Topeng Panji, ada pula Maskot FKY Topeng Kontemporer yang ingin menyampaikan pesan bahwa sebuah kebudayaan yang maju adalah kebudayaan yang berkembang dan dapat menerima perubahan kemajuan. Namun agar modernitas tidak menjadi merusak, seharunya memang harus selalu menjaga yang sudah menjadi masa lalu sambil saling berjalin silang dengan apa yang terjadi saat ini.

foto : Humas FKY

Bayu

Awas Ada Kecelakaan di Jalan Solo Jogja KM 10

Previous article

6.332 Peserta Ujian Mandiri Berebut Kursi Masuk UIN Sunan Kalijaga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News