Pendidikan

Start Up Indonesia Dapat Pembinaan dari Samsung

0
Samsung
UGM, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Samsung Electronics Co Ltd gelar GASP (Foto : Bayu)

STARJOGJA.COM, Sleman – Pengusaha rintisan atau start up Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan usahanya melalui Global Startup Acceleration Program (GSAP) hasil kerjasama Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Samsung Electronics Co Ltd.

Presiden Samsung Electronics Indonesia, JaeHoon Kwon mengatakan, program pembinaan ini ditujukan bagi mahasiswa atau pekerja yang memulai bisnisnya untuk mengembangkan bisnisnya.

“Semoga program ini bisa mendukung start up Indonesia. Harapan selanjutnya tentu agar bisnis mereka membuka lapangan kerja lebih banyak,” katanya di UGM Jumat (27/7/2018).

Ingin Usaha Startup, Inilah Tipsnya

Program GSAP yang melibatkan 32 relawan karyawan Samsung menjadi mentor bagi 23 tim start up dari total 63 peserta dari Jakarta, Medan, Bandung, Surakarta dan Semarang ini dibina sejak tanggal 23 Juli hingga 27 Juli 2018.

“Selama satu minggu mereka bisa dekat itu sangat bagus sekali. Walaupun tidak menang mereka karyawan Samsung siap membantu program mereka,” katanya.

Menurutnya hasil dari mentoring ini dipilih tiga tim startup mendapat pembinaan lanjutan selama enam bulan serta berhak mengikuti kompetisi berskala Asia Pasifik dan Oceania.

“Program ini selesai dengan program ini saja. Kedua dan ketiga belum tahu,” katanya.

Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM Hargo Utomo mengaku senang dengan kerajsama dengan Samsung ini. Sebab sejak 4 hingga 5 tahun ini UGM membuka program bisnis untuk mahasiswa.

“Sehinga 5 tahun ini kami berproses. Ini bagian UGM mengembangkan start up di kampus. Apa yang dilakukan samsung selaras dengan UGM,” katanya.

Menurut Deputi Infrastruktur Bekraf, Hari Sungkari tugas pemerintah adalah membangun sistem bagi startup Indonesia. Sebab start up Indonesia memiliki kemampuan untuk bersaing di tingkat global.

” Ini bagian dari program Bekraf dan alhamdulillah yang menang hari ini pemenang Bekraf di Medan,” katanya.

Tiga start up MOI, Majapahit tech, serta Ailesh Power Co. menjadi juara pada seleksi final Global Startup Acceleration Program (GSAP) di Kampus Universitas Gadjah Madadan meraih hadiah 3.000 dollar AS, 2.000 dollar AS, dan 1.000 dollar AS.

Ilmu Centhini : Kekasih Yang Tersembunyi

Previous article

Fakultas Biologi UGM dan B2P2OOT Perkuat Kerja Sama Riset Tanaman Obat dan Jamu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Pendidikan