Kab SlemanNews

68 Peserta Berlaga di Lomba Macapat Antar Kecamatan Se-Sleman

0
Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menggelar Lomba Macapat Antar Kecamatan di Kabupaten Sleman tahun 2018
Ilustrasi Lomba Mocopat

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman menggelar Lomba Macapat Antar Kecamatan di Kabupaten Sleman tahun 2018 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kabupaten Sleman pada rabu (1/8/2018). Lomba Macapat yang diselenggarakan merupakan kategori umum yang diikuti oleh 68 peserta terdiri dari  perwakilan tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Sleman.

“Tiap kecamatan diwakili 2 laki-laki dan 2 perempuan,” kata Aji Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, Aji Wulantara.

Setiap peserta akan membawakan 2 tembang, yakni satu tembang wajib dan satu tembang pilihan. Materi tembang wajib yakni, Sekar Sinim Grandhel Pelong Barang untuk laki – laki dan Sekar Dhandang Gulo Kanyut Pelog Bem untuk perempuan. Adapun untuk tembang pilihan untuk laki – laki dan perempuan yaitu Khinanthi Sekar Gadung Slendro Manyuro, Asmaradana Kedhaton Slendro Manyuro, Mijil Sekarsih Slendro Manyuro, dan Pangkur Suronggo-Greget Slendro Manyuro.

Juri pada lomba tersebut yakni Dra. Sutrisni dari ISI Yogyakarta, Agus Priyono dari SMK 1 Bantul, dan Dwijo Cipto Wandono dari Paguyuban SMSS.

Dinas Kebudayaan Sleman Revitalisasi Drama Tari Antup

Asisten Sekretaris Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Purwatno Widodo berharap  Ia berharap seluruh peserta tidak memandang kegiatan tersebut hanya ajang perlombaan, namun lebih dari itu ada nilai – nilai yang menjadi tanggung jawab bersama untuk dilestarikan.

Kemudian ia berpesan kepada seluruh peserta yang hadir untuk dapat menularkan keahliannya di kecamatannya masing – masing, demi upaya melestarikan macapat.

Ia berharap seni dan budaya macapat yang merupakan bagian dari jati diri bangsa ini bisa menjadi daya tarik wisatawan, sehingga kedepannya dapat mempunyai nilai ekonomis dan meningkatkan kesejahteraan warga di Kabupaten Sleman.

Aji Wulantara mengatakan kegiatan tersebut kedepannya akan diadakan Macapat khusus untuk tingkat pelajar guna melestarikan seni budaya Macapat.

Adik-adik, Ayo Ikut Lomba berhadiah 20 Juta

Previous article

Mahfud MD : Kita Bangga Jadi Tuan Rumah Asian Games

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman