Wisata

Ini Tempat Pelarian Prabu Brawijaya V

0
PAD sektor pariwisata
Pantai Ngobaran Gunung KIdul (Foto : Satria A)

STARJOGJA.COM, Gunung Kidul – Tebing karst, karang bergerigi tajam, butiran pasir kecoklatan, dan ombak yang besar. Itu adalah ciri dari gambaran sebagian besar pantai selatan, yang ada di wilayah Gunung Kidul. Namun, pantai ini mempunyai daya tarik sangat berbeda. Sebab selain keindahan, nuansa spritual dan religius begitu terasa jika tiba di pantai ini, Pantai Ngobaran namanya.

Pantai Ngobaran, berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul.
Dikenal sebagai tempat ritual beberapa penganut agama dan kepercayaan. Ada Kejawan, Hindu, Budha dan Islam. Di kawasan ini bangunan masjid berdiri berdampingan dengan pura. Selain itu terdapat pula bangunan Joglo, sebagai tempat ibadah aliran kepercayaan Kejawan, yang merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V, keturunan terakhir kerajaan Majapahit.

Dari cerita yang berkembang di tengah masyarakat setempat, pantai Ngobaran ini tempat pelarian Prabu Brawijaya V. Di sini terdapat prasasti yang menyebutkan, pantai Ngobaran adalah lokasi moksanya Prabu Brawijaya V. Bahkan dipercaya juga, nama Ngobaran diambil dari perstiwa saat Prabu Brawijaya V membakar diri. Ngobar berarti kobaran atau terbakar.

Sumber : wisatajogja.id

Bayu

HUT ke- 9 : Terimakasih Para Mitra Star Jogja

Previous article

Keren, KKN UNY Olah Jagung Jadi Brownies

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Wisata