News

Lama Tidak Ada Kabar, Inilah Status Gunung Merapi

0
guguran merapi
Puncak G Merapi dilihat dari lereng G Sumbing

STARJOGJA.COM, JOGJA – Apa kabar Gunung Merapi, sudah sekitar dua bulan status Gunung Merapi masih dinyatakan waspada. Ternyata pertimbangan status yang tak berubah disebabkan karena aktivitas seismik atau kegempaan yang masih cukup tinggi di dalam Gunung Merapi.

Kasi Gunung Merapi Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santosa mengatakan saat ini aktivitas seismik yang masih tinggi belum mengarah ke letusan.

“Tetapi kalau melihat laporan kemarin, seismisitas cukup tinggi dibanding minggu-minggu sebelumnya, jadi masih relevan dengan status saat ini,” kata Agus, dikutip dari Harianjogja.com, Selasa (8/8/2018).

Baca juga : Wisatawan Diimbau Waspadai Aktivitas Gunung Merapi Saat Liburan

Menurut data BPPTKG pada Selasa (7/8/2018) terjadi aktivitas gempa guguran sebanyak empat kali dan gempa tektonik enam kali. Sementara pada minggu sebelumnya tercatat gempa guguran sebanyak empat kali dan gempa tektonik lokal sebanyak satu kali.

Agus mengatakan tahapan Gunung Merapi menuju fase letusan belum terlihat. Namun hal tersebut, Agus mengatakan, dikatakan wajar karena gunung berapi lainnya dapat menetap pada status yang sama hingga bertahun-tahun. “Yang penting dampaknya apa? Kalau tidak ada dampaknya, jangan terlalu khawatir tapi tetap waspada,” kata Agus.

Lebih jauh Agus mengatakan meskipun saat ini secara visual Gunung Merapi tidak menampakkan aktivitas, sebenarnya aktivitas di dalam perut masih cukup tinggi. Namun masyarakat tidak perlu mengubah kebiasaan mereka, masyarakat hanya perlu mewaspadai perubahan aktivitas Merapi dan terus memantau perkembangannya.

Bayu

Prawiro Coffe Festival, Jogja Sebagai Kota Wisata Kopi Dunia

Previous article

ELTI Buka Kantor Baru di Jalan Gedongkuning

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News