Wisata

Aura Tari Legenda Di Sudut Candi Prambanan

0
Aura Tari Legenda Di Sudut Candi Prambanan
Sendratari Ramayana selalu membius penonton (foto : Satria A)

STARJOGJA.COM, Sleman – Sendratari Ramayana merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog, yang diangkat dari cerita Ramayana, yang dipertunjukkan di dekat Candi Prambanan.

Cerita Ramayana adalah perjalan seorang Rama, dalam menyelamatkan Sita, (di Jawa biasa disebut Shinta) yang diculik oleh raja Negara Alengka, Rahwana.

Sumber ceritanya berasal dari Serat Rama, yaitu cerita Ramayana versi sastra Jawa Baru, hasil gubahan RNg Yasadipura I, seorang pujangga dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Pakaian dan desain busananya mengacu pada wayang wong gaya Surakarta, namun lebih sederhana agar penari leluasa bergerak.

Sedangkan gerak tarinya, mengacu pada karakterisasi gerak pada wayang orang, yang didominasi gaya tari Surakarta, dan sedikit teknik gaya Yogyakarta. Gaya Surakarta lebih romantik, sedangkan gaya Surakarta bergaya klasik.

Tanggal 26 Juli 1961, Sendratari Ramayana diselenggarakan untuk pertama kalinya. Pementasan tanggal 25 Agustus 1961, juga merupakan moment penting, sebab dihadiri oleh Presiden Soekarno, serta sejumlah undangan VIP, termasuk aktor dunia Charlie Chaplin.

Sumber : wikipedia

Bayu

Misteri Cawapres Berinisial “M” Terjawab Sudah

Previous article

DLH Sleman Serukan Kendalikan Sampah Plastik

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Wisata