Ini Yang Harus Dilakukan Bagi Pengguna Motor Matik

0
14
Motor matik populer
Honda Zoomer

STARJOGJA.COM, OTOMOTIF – Motor matik saat ini lebih sering dijumpai berkeliaran di jalan raya. Bandingkan saja dengan awal pertama kali motor matik populer di awal tahun 2000-an.

Hal ini lantaran motor tanpa gigi dianggap lebih mudah dan nyaman dikendarai, terlebih saat kondisi macet. Karena dengan motor metik yang perlu dilakukan hanya tinggal tarik gas dan mengerem saja.

Bagi pengguna motor matik harus tahu bagaimana perlakuan yang baik terhadap tunggangannya agar tetap terjaga akselerasinya dan tetap prima.

Baca juga : Mobil Matik Diimbau Hindari Cino Mati

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pengguna motor metik yang dikutip dari Liputan6.com pada Jum’at (10/8/2018).

1. Oli

Oli sebaiknya rutin mengganti oli motor ini setiap kilometer di motor sudah bertambah 1.000 km.

2. Atur Kecepatan

Cara berkendara menggunakan motor metik tentu berbeda dengan non matik, apalagi saat menggebernya. Pengguna motor matik disarankan untuk tidak melakukan perubahan kecepatan dari rendah ke tinggi secara mendadak, ini bisa membuat mesin motor matik rusak.

3. Panaskan Mesin

Panaskan mesin motor matik selama 5-10 menit setiap hari, dan biasakan untuk selalu menggunakan starter kaki saat menyalakan mesin motor matik. Ini akan menjaga kinerja aki menjadi lebih tahan lama.

4. Periksa Aki dan Busi

Aki ini penting untuk kamu periksa, jangan sampai motor mogok di tengah jalan karena aki motor matik sudah tidak bagus.

Setelah memeriksa kondisi aki, sebaiknya memeriksa kondisi busi motor. Busi yang karat atau kotor pasti akan mengganggu kenyamanan saat berkendara karena proses pembakaran dalam mesin terganggu.

5. Periksa Belt

Motor matik ini menggunakan belt sebagai penggerak, untuk itu perlu melakukan pengecekan vanbelt secara rutin. Apakah vanbelt di motor matik masih aman untuk dipakai, jangan sampai vanbelt mengalami kerusakan dan terputus saat motor sedang melaju di jalan raya.

Membuat motor matik lebih awet tentu membutuhkan usaha dengan melakukan pengecekan secara rutin. Untuk itu, luangkan waktu untuk memeriksa kondisi motor matik. Menjaga performa motor tetap maksimal, pastinya bisa membuat ebih nyaman dan aman berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here