Kab GunungkidulNews

Ratusan Ribu Jiwa di Gunung Kidul Terdampak Kekeringan

0
menimbun air bersih
Warga Dusun Plampang I mengisi ember dengan air keruh yang menjadi penopang kebutuhan harian mereka, Jumat (13/7 - 2018).Harian Jogja/Beny Prasetya

STARJOGJA.COM, Gunung Kidul – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat sebanyak 31.807 Kepala Keluarga (KK) atau 117.116 jiwa tersebar di 55 desa terdampak kekeringan.

“Kami sudah mendapat pengajuan permohonan dropping air bersih dari Kecamatan Saptosari. Hal ini menandakan jumlah warga terdampak kekeringan bertambah,” kata Kepala Pelaksana BPBD Gunung Kidul, Edy Basuki dikutip dari Antara, Rabu (15/8/2018).

Ia menambahkan wilayah di Saptosari yang mengajukan permintaan dropping, yakni Desa Krambilsawit yakni di Dusun Sawah 60 KK, Dusun Pringwulung 70 KK, dan di Dusun Bendo 70 KK, total ada 900 jiwa.

Baca juga: Kekeringan di Gunung Kidul dan Kulon Progo Belum Darurat

“Di sana sebenarnya ada jaringan pipa PDAM, namun karena ada yang lancar ada yang tidak, sehingga terdampak kekeringan,” ujarnya.

Edy menyebutkan sampai saat ini, pihaknya sudah melakukan dropping air sebanyak 3.060 tangki dengan masing-masing kapasitasnya 5.000 liter.

“Kemungkinan laporan kekeringan yang baru masuk akan di dropping minggu depan, pasalnya jadwal dropping terjadwal setiap minggu,” katanya.

Dia menambahkan, droping air bersih dari pemkab dibantu dari pihak swasta. Ada ratusan ribu liter bantuan air dari swasta sudah masuk. “Bantuan dari pihak ketiga cukup membantu dalam penanganan kekeringan,” lanjutnya.

Bupati Sleman Kukuhkan UPT BP4 Pakem sebagai Center of Education

Previous article

Pengibaran Merah Putih Raksasa Buka Independence Day Military Expo 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *