Kab SlemanNews

Gerakan Literasi Sekolah Bentuk Karakter Posifif Siswa

0
Ilustrasi Perpustakaan

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pakem terus galakkan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk membentuk karakter positif bagi siswa didik.

Kepala Sekolah SMPN 4 Pakem, Ponidi menjelaskan membentuk karakter juara yang merupakan visi dan misi SMPN 4 Pakem dapat diwujudkan dengan pembiasaan dalam  program GLS.

“Pembiasaan salah satunya dalam bidang literasi yaitu seperti pembiasaan membaca 15 menit (reading time) yang wajib dilakukan oleh murid maupun guru,” jelas Ponidi saat menjelaskan terkait program literasi di Aula SMPN 4 Pakem, Kamis (23/8/18).

Reading Time salah satu kegiatan dalam GLS  yang bertujuan menumbuhkembangkan budaya literasi siswa di sekolah. Tidak cukup hanya dengan pembiasaan kegiatan reading time saja, siswa diikutsertakan dalam program wajib kelompok ilmiah remaja.

“Program literasi yang berjalan satu tahun ini, minat membaca siswa terlihat membaik bahkan cenderung meningkat. Untuk memperkuat itu di ceritakan kembali, ditulis kembali dalam bentuk karya ilmiah,” paparnya.

Hasilnya mempengaruhi  perkembangan karakter maupun prestasi siswa didik. Terlihat prestasi yang diraih siswa seperti grup klompok ilmiah IPS kejuaraan tingkat DIY, grup kelompok ilmiah IPA  kejuaraan Nasional. Ditambah sejumlah karya tulis yang telah diterbitkan selama satu tahun ini dari kalangan siswa maupun guru di SMPN 4 Pakem.

 Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terus mendukung apa yang dilakukan sekolah-sekolah di Kabupaten Sleman ini.

“Kita memberikan kesempatan yang sama untuk semua sekolah yang ada di Sleman ini dengan cara memberikan sosialisasi kemudian pembinaan. Hanya kemudian responnya berbeda,” papar Kepala Dinas Perpustkaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri.

Menurutnya, SMPN 4 Pakem ini salah satu Sekolah yang memberikan respon baik terhadap program tersebut. Perpus sekolah atau program literasi sekolah ini menjadi salah satu penyangga dari kegiatan belajar mengajar di sekolah  SMP4 N Pakem.

“Saya berharap apa yang sudah dilakukan di SMPN 4 Pakem ini bisa memotivasi dan mendorong sekolah-sekolah lain untuk melakukan hal yang sama,” pungkasnya.

Bayu

Bimasakti Racing Team UGM siap berlaga di Jepang

Previous article

WhatToReadThisWeekend : Cantik Itu Luka

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman