CulinaryFlash InfoNews

Begini Cara Membuat Keripik Daun Jati Yang Gurih

0
Keripik
Mahasiswa KKN UNY memperagakan proses pembuatan keripik daun jati

STARJOGJA.COM, GUNUNG KIDUL – Keripik adalah salah satu makanan yang banyak diminati. Rasanya yang gurih dan juga renyah membuat keripik ini menjadi pilihan sebagai camilan. Salah satunya adalah keripik daun jati.

Saat ini jenis keripik semakin banyak jenisnya setelah beberapa waktu lalu mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta membuat keripik yang berbahan dasar dari daun jati.

Pohon jati dipilih karena mudah dijumpai oleh masyarakat desa. Daun pohon jati yang digunakan sebagai bahan keripik ini adalah daun jati muda.

Baca juga: Inilah Makanan Yang Bisa Memicu Rasa Kantuk Saat Puasa

Daun jati muda memiliki kandungan pigmen alami antosianin (Erinda). Fungsi antosianin beberapa diantaranya adalah sebagai
antioksidan di dalam tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit penyumbatan pembuluh darah (aterosklerosis).

Selain itu dapat melindungi perut dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta berfungsi
sebagai senyawa antiflamasi yang melindungi otak dari kerusakan. Daun jati juga dapat menurunkan kolesterol, hipertensi, berat badan bahkan penyembuh luka.

Mahasiswa KKN UNY Kelompok 58 yang berlokasi di Dusun Karangduwet I, Karangrejek, Wonosari merasa perlu untuk mengajarkan kepada warga mengenai cara pembuatan keripik daun jati agar dapat dikembangkan dan disebarluaskan ke masyarakat
pada umumnya.

Salah satu mahasiswa KKN yaitu Hapsari Eka Wijayanti menjelaskan bahwa bahan yang diperlukan adalah daun jati, tepung beras dan tapioka.

“Bumbunya merica,
garam, bawang putih, dan ketumbar” kata Hapsari.

Pembuatan keripik daun jati ini dimulai dengan mencuci bersih daun jati muda kemudian direbus dan ditambahkan garam secukupnya. Selanjutnya masak sampai air mendidih dan tiriskan.

Bumbu dihaluskan dan dicampurkan ke dalam adonan tepung. Masukkan Daun jati dalam dalam adonan tepung lalu goreng dalam minyak panas, tiriskan jika warna sudah kuning keemasan.

Setelah itu, tunggu hingga minyak pada keripik benar-benar tiris, kemudian langsung dimasukkan dalam wadah/ toples. Sesuai dengan harapan dari Desa Karangrejek untuk mengembangkan kewirausahaan melalui adanya KKN UNY ini, maka diharapkan pengetahuan ini dapat menjadi modal ilmu bagi masyarakat sebagai bentuk pemanfaatan potensi daerah dan juga peluang usaha ke depan.

Proses Pencarian Orang Yang Menceburkan Diri ke Pandansimo Dilanjutkan

Previous article

Pasangan Ini Dinobatkan Sebagai Pasangan Tertua di Dunia

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary