Kab SlemanNewsPendidikan

Mapagama UGM Siap Arungi Sungai Franklin Australia

0
mapagama
Tim Mapagama Berlatih Sebelum ke Australia ( FOTO : Humas UGM)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Gadjah Mada (MAPAGAMA) siap mengarungi sungai Franklin yang berada di Pulau Tasmania, Australia. Sejumlah persiapan telah dilakukan untuk mempersiapkan keberangkatan.

Tim ini rencananya akan melaksanakan ekspedisi tersebut pada bulan November 2018 mendatang. Dalam UGM International Expedision V ini MAPAGAMA UGM menurunkan enam anggotanya untuk menaklukan derasnya arus Sungai Farnklin.

“Sungai yang berada di kawasan Taman Nasional Franklin-Gordon Wild Rivers ini menarik dan berbeda dengan sungai lainnya kerena memiliki grade jeram menengah dengan pengarungan selama 8 hari tanpa adanya exit point sehingga para atlit dituntut untuk sangat berhati-hati saat pengarungan,” papar Ketua ekspedisi Dimas Satria Wicaksono, Selasa (4/9) di Kampus UGM.

Bimasakti Racing Team UGM siap berlaga di Jepang

Sebelum keberangkatan menuju pengarungan, menyebutkan para anggotanya telah mempersiapkan sejumlah pelatihan seperti melakukan pengarungan di beberapa sungai Indonesia. Beberapa diantaranya seperti di Sungai Cicatih, Sungai Citanduy, Sungai Ciwulan, Sungai Cimanuk, Sungai Serayu, Sungai Progo, serta Sungai Elo.

Selanjutnya uji coba kedua akan dilakukan di Sungai Asahan Sumatra Utara. Sungai ini memiliki tipikal jeram terbaik ketiga di dunia setelah Sungai Zambezi di Afrika dan Colorado di Amerika.

“Dalam mempersiapkan pengarungan kami juga membuat manajemen kegiatan dan analisis resiko yang sangat matang mengingat Sungai Franklin tidak memiliki exit point selama 8 hari pengarungan”, Jelasnya.

Melalui kegiatan pengarungan di Australia yang akan dilakukan MAPAGAMA ini nantinya dapat berjalan lancar dan tim mampu menyelesaikan misi mereka. Selain itu juga dapat membawa dampak positif bagi pegiat olahraga arus deras di Indonesia.

Mahfud MD Sempat Diajak Gerakan #2019GantiPresiden

Previous article

Pemkab Berikan Uang Saku 9 atlet Asian Games 2018 asal Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman