Sport

Yayuk Basuki, Legenda Tenis Asal Jogja

0
yayuk basuki
Yayuk Basuki Legenda tenis Indonesia (foto : Antaranews)
STARJOGJA.COM, JOGJA – Sebagai kota Pendidikan, Jogja juga melahirkan atlet berprestasi. Tak cuman di level lokal, Jogja juga punya Yayuk Basuki yang pernah mengecap pertandingan tingkat internasional.
Nani Rahayu Basuki atau lebih dikenal dengan nama Yayuk Basuki adalah mantan pemain tenis dari Indonesia dan dunia yang terkenal pada era tahun 1990-an. Yayuk menyabet medali emas dalam nomor ganda putri Asian Games 1986 di Seoul, Korea Selatan, serta dalam nomor campuran dan ganda putri pada Asian Games 1990 di Beijing, China.
Yayuk memulai karier profesional pada tahun 1990. Pada tahun berikutnya, ia menjadi petenis Indonesia pertama yang menjuarai turnamen profesional.  Sepanjang kariernya, Yayuk berhasil memperoleh enam gelar tunggal Tur WTA dan sembilan gelar dari ganda.
Prestasi terbaiknya dalam turnamen Grand Slam adalah mencapai babak perempat final Wimbledon pada tahun 1997. Dia pensiun sebagai pemain tunggal pada tahun 2004, namun tetap menjadi pemain ganda aktif sampai pensiun pada 2013.
Peringkat tertinggi yang pernah dicapainya adalah posisi ke-19 untuk bagian tunggal dan ke-9 untuk bagian ganda. Jumlah uang yang diperolehinya selama karier adalah US$ 1.645.049.
Kini Yayuk Basuki meneruskan karirnya di dunia politik. Kursi DPR RI diraihnya mewakili wilayah Jawa tengah 1.
Bayu

Menpora Pertama Indonesia Siapa Tahu?

Previous article

ReviewFilm The Nun 2018, Tuntasnya Penasaran

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Sport