Kab Kulonprogo

Landasan Pacu Bandara NYIA Akan Miring Sedikit Kenapa?

0
SOP penerbangan ketika hujan
GM Bandara Adi Sutjipto Agus Pandu Purnama dan Taochid Purnama Hadi sedang berada di area landsan pacu bandara NYIA (Foto : Bayu)

STARJOGJA.COM, Kulon Progo – Bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) sedang membangun landasan pacu atau runway bandara sejauh 3.250 m2. Landasan pacu bandara NYIA akan miring sedikit sehingga tidak sejajar dengan garis pantai selatan.

“Letak runway agak miring, kalo penerbangan itu, angin rata rata dilawan. Jadi kalo diatas keliatan agak nyerong memang,” kata GM Bandara Adi Sutjipto sekaligus juru bicara proyek NYIA Agus Pandu Purnama Kamis (20/9/2018).

Pandu mengatakan landasan pacu bandara NYIA akan miring tidak sejajar dengan garis pantai ini sudah disesuaikan dengan kebutuhan penerbangan. Sebelum membangun bandara diperlukan data angin (arah dan kecepatan) permukaan landasan. Hal ini untuk menghindari adanya crosswind (angin dari samping) dari arah laut yang membahayakan penerbangan.

Baca Juga : Bandara Kulon Progo dan Adisutjipto Bakal Berbagi Penerbangan

“Sedikit menyerong pada sudut 11-29 derajat. Jadi liat (mengambil tanah dan melepaskannya) tidak kearah utara tapi kesini (arah barat),” katanya

Pandu mengatakan pemilihan landasan pacu bandara NYIA akan miring ini sudah disesuaikan dengan penelitian yang dilakukan sebelumnya.

“Harusnya angin dari laut tapi arahnya miring ini tidak segaris pantai. Ternyata ga,” katanya.

Soal pesawat akan landing maupun take off karena landasan pacu bandara NYIA akan miring ini dapat dari arah mana saja.

“Bisa dari arah barat atau timur. Tapi alat kita ada di barat tapi itu bisa nanti dari barat atau dari timur,” katanya.

Area Bandara Baru Kulon Progo Sudah Steril

Previous article

Lomba Vlog Dinkes Bantul Khusus Pelajar dan Karang Taruna

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *