NewsNusantara

Mendagri: Dua Instruksi untuk Tanggap Darurat Bencana Palu dan Donggala

0
Tanggap Darurat
Jumpa Pers Hasil Rapat koordinasi Tanggap Darurat Gempa Donggala ( FOTO : Puspen Kemendagri)

STARJOGJA.COM, JOGJA –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan dua instruksi penting untuk Tanggap Darurat Bencana Palu dan Donggala kepada jajaran pemerintah daerah terdekat sekitar lokasi bencana.Instruksi dikeluarkan setelah ia mengikuti rapat koordinasi terkait penanganan penanggulangan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala di Kantor Kemenkopolhukam, jumat (29/9/2018).

Menurutnya, dalam kondisi darurat bencana gempa bumi yang diikuti tsunami di wilayah Palu dan Donggala sangat diperlukan langkah penanganan cepat. Tjahjo menuturkan hal – hal yang harus cepat dilakukan jajaran pemerintah daerah untuk bahu membahu membantu daerah yang terkena musibah.

Ia menegaskan bahwa dirinya menyampaikan dua instruksi untuk Tanggap Darurat Bencana Palu dan Donggala , yaitu: ” pertama saya menginstruksikan kepada seluruh pemintah daerah sekitar daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Mamuju dan sekitarnya agar segera mengirim bantuan peralatan dan logistik, tenaga medis, bahan makanan, obat – obatan, ambulance, pakaian, tenda dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. Selain itu, pemerintah daerah mengerahkan Satpol PP dan Damkar untuk ikut cepat menolong korban”, kata Tjahjo.

Tjahjo menambahkan instruksinya yang kedua yaitu ” Saya Memerintahkan kepada Walikota Palu dan Bupati Donggal untuk segera segera mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pernyataaan keadaan darurat bencana, supaya pemerintah daerah punya payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN. Selain itu, untuk penanganan cepatnya harus dibantu segera dalam bentuk barang, peralatan dan sarana – prasarana lainnya yang dapat dimobilisasi segera.

Tjahjo Kumolo, pagi ini, bertolak ke Palu dan Donggala, untuk berkoordinasi langsung dengan pemerintah daerah setempat pascagempa, Jumat sore (28/9).

“Saya dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan dan tim BNPB jam lima pagi ke Balikpapan dan jam sembilan pagi ke Palu dan Donggala, untuk koordinasi awal dengan pemerintah daerah provinsi dan kabupaten-kota setempat,” kata Tjahjo Kumolo melalui keterangan tertulisnya yang diterima STARJOGJA.COM, Sabtu dini hari.

 

Jokowi : Hutan Merupakan Sumber Kehidupan

Previous article

WhatToReadThisWeekend : Gadis-Gadis Amangkurat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News