CulinaryFlash Info

Ayam Gepuk Sambal Bawang Pak Gembus Memang Beda

0
ayam gepuk
Ayam Gepuk Pak Gembus ( FOTO : Denie A)

STARJOGJA.COM , KULINER – Ayam Gepuk Sambal Bawang Pak Gembus Memang Beda.  Ini dia ayam gepuk sambal bawang yang belakangan lagi jadi pembicaraaan di kalangan anak muda.

Konon aslinya ayam gepuk ini adalah hidangan khas Ponorogo yang oleh Rido Nurul Adityawan, pemilik bisnis franchise Pak Gembus ini dibawa ke level nasional bahkan hingga ke internasional. Total lebih dari 650 cabang di Asia Tenggara.

Salah satu yg spesial dari Ayam Gepuk Pak Gembus ini adalah taglinenya yg berbunyi “tentukan sendiri pedasmu”, jadi pengunjung bebas memilih jumlah cabe yang diinginkan sesuai kemampuan lidah Anda. Anda bisa memilih level pedas untuk sambalnya mulai dari yang tidak terlalu pedas dengan 1-2 cabai sampai yang pedasnya bikin megap-megap dengan 9-10 cabai. Selain ayam, ada juga tahu tempe, ati ataupun ampela yang bisa dipesan.

Mie Ayam Pak Bambung, Rasa Mewah Dalam Hotplate

Berburukuliner Starjogja.com mencoba Ayam Gepuk Pak Gempus yang ada di Jalan Godean KM 5, 124a, Modinan Gamping Sleman. Saat datang di tempat ini, cat kuning cerah akan menyambut pengunjung yang datang. Tembok dan kursi kuning membawa suasana warung ini jadi begitu cerah.

Kami menunggu sekitar 10 menit, kemudian sepiring nasi ayam gepuk siap disantap. Sekilas seperti ayam goreng pada umumnya, ayamnya memang diungkep terlebih dahulu lalu digoreng, seperti biasa. Lalu ayam goreng tersebut agak digeprek dan dilumuri sambal bawang tadi.

Bukan cuma soal level pedas yang bisa dipilih, komposisi sambal Ayam Gepuk Pak Gembus lah yang berhasil memikat para pecinta ayam penyet. Perpaduan rasa Bawang putih, cabe rawit, minyak wijen, garam, dan tambahan kacang yang diulek mentah-mentah
jadi kunci yang menggoyang lidah. Rasa pedas, gurih dan manis, dari kacang, tercampur sempurna menghasilkan citarasa sambal yang membuat sambalnya jadi beda.

Bayu

DIY Pastikan Ikut Bergotong-Royong Bantu Korban Gempa

Previous article

Mendagri: Karena Darurat, Saya Minta Pemda Beli Barang di Toko yang Tutup, dan Segera Distribusikan ke Pengungsi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary