Kota JogjaNews

ACT DIY Kirim Enam Truk Kemanusiaan

0
ACT DIY kirim Enam Truk Kemanusiaan
elepasan Truk Kemanusiaan Palu ( foto : ACT DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA –  ACT DIY kirim enam truk kemanusiaan menuju Palu, Sulawesi Tengah Jumat ( 05/10/2018). Truk kemanusiaan itu membawa bantuan logistik berupa bahan pokok, pakaian, kebutuhan sanitasi, serta logistik lainnya, diberangkatkan dari Universitas Islam Indonesia (UII).

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY, Agus Budi Hariyadi mengungkapkan, truk ini merupakan pemberangkatan truk kemanusiaan pertama yang akan menuju Palu.

“Alhamdulillah dari persiapan yang cukup singkat, kita bisa memberangkatkan enam truk yang berisi bantuan logistik untuk saudara-saudara kita di Palu dan Donggala,” ujarnya saat ACT DIY kirim enam truk kemanusiaan.

Baca Juga : ACT DIY Kirim Relawan ke Palu

Bantuan Logistik dari Yogyakarta berasal dari mitra Universitas Islam Indonesia (UII), Masjid Al Furqon, Margaria Group, Karuma Swalayan, Batik Paradise, Medical Volunteer, Bengkel Astra, Butik Delmora, serta bantuan dari masyarakat Yogyakarta.

Rektor UII, Fathul Wahid menyampaikan  UII berduka ketika mengetahui saudara-saudara   di Palu dan Donggala terkena gempa bumi dan tsunami.

“Kami berikhtiar berbuat sesuatu untuk membantu saudara-saudara yang terdampak. Sebagaimana yang kami lakukan untuk Lombok, kami juga mengirimkan tim tanggap darurat, tim medis, serta logistik,” katanya.

“Tim tanggap darurat dan tim medis sudah berangkat beberapa hari lalu. Hari ini, UII bersama dengan ACT mengirimkan bantuan logistik ke saudara-saudara kita di area terdampak. Ikhtiar kecil ini adalah tanda cinta kami, simbol empati kami, untuk saudara-saudara kita di sana,” tambahnya.

Truk-truk kemanusiaan yang berangkat dari Yogyakarta akan menempuh jalur darat menuju pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sesampai di pelabuhan nantinya akan disatukan oleh truk-truk logistik dari ACT cabang Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta 1.000 ton beras dari Lumbung Pangan Masyarakat Blora.

Bertolak dari Surabaya, bantuan logistik yang berasal dari beberapa wilayah akan dilayarkan menggunakan kapal TNI AL menuju Palu, Sulawesi Tengah. Diperkirakan bantuan logistik akan sampai di posko utama Palu setelah tiga hari perjalanan laut. Menggunakan Kapal TNI AL untuk mengangkut bantuan logistik karena kondisi darurat serta pelabuhan di Palu yang masih kondisi rusak.

Sesampainya di Palu, bantuan kemanusiaan akan diturunkan di posko kemanusiaan ACT untuk diolah didapur umum dan didistribusikan kepada korban gempa dan tsunami yang masih bertahan di tenda-tenda pengungsian.

Taman Safari Prigen Tawarkan Interaksi Langsung dengan Binatang

Previous article

Belo Negoro Jadi Luckydraw Kustomfest 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja