Lifestyle

Taman Safari Prigen Tawarkan Interaksi Langsung dengan Binatang

0
Manusia dan hewan
Taman Safari Prigen atau Taman Sagfari ke-2 Indonesia (foto: Deni Artha)

STARJOGJA.COM, PASURUAN – Taman Safari Prigen merupakan tempat wisata kebun binatang terpadu yang menjadi bagian dari Taman Safari Indonesia Group. Tempat wisata edukatif ini berlokasi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Nama Prigen itu sendiri diambil dari nama kecamatan tempat kebun binatang ini berdiri.

Luas Taman Safari Prigen yang mencapai 250 hektar menjadikannya sebagai Taman Safari terbesar di Asia, jauh lebih luas dibandingkan dengan Taman Safari Indonesia Cisarua dan Taman Safari Bali. Lokasi tepatnya berada di lereng Gunung Arjuna dengan ketinggian 800 hingga 1500 di atas permukaan laut dan hanya berjarak sekitar 50 kilometer dari Surabaya dan sekitar 45 kilometer dari Kota Malang.

Dengan mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, pengunjung dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka. Anda bisa Rasakan pengalaman baru bersafari menyaksikan kehidupan hewan di alam liar.

Baca Juga : Berikut Adalah Tanda-tanda Anda Butuh Liburan

Ada banyak petualangan seru yang bisa Anda rasakan di Taman Safari ini, Berikut Rangkumannya yang ditulis dari kunjungan Starjogja.com akhir pekan lalu :

1. Safari Adventure

Ini adalah kawasan utama untuk melihat koleksi satwa dari berbagai negara di dunia yang terbagi dalam kategori kawasan Satwa Amerika Eropa, karnivora, Asia dan Afrika .

Pengunjung bisa mengunjungi ‘perkampungan’ satwa ini sesuai dengan habitat aslinya dengan menggunakan mobil pribadi atau shuttle bus yang difasilitasi oleh Taman Safari Prigen. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus menggunakan mobil yang dalam kondisi fit karena medannya yang naik turun dan ada banyak tikungan tajam.

Beberapa satwa yang dapat kita saksikan saat melakukan Safari Adventure diantaranya adalah Singa, Orangutan, Tapir, Beruang Madu, Eland, Pelikan, Chapman Zebra dan masih banyak lainnya. Yang menarik adalah saat kita bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang ada.

Saat Starjogja menjelajah, beberapa hewan melintas di tengah jalan seolah menghadang kendaraan yang lewat untuk meminta diberi makanan. Menariknya, hewan – hewan itu mencegat mobil kecil, namun tidak membiarkan bus besar melintas.

Awas, jangan sekali-kali Anda membuka pintu mobil atau bahkan keluar. Ini dilarang karena untuk menghindari penyerangan satwa liar kepada pengunjung. Aturan ini berlaku utamanya pada wilayah karnivora tempat hewan -hewan pemakan daging berada.

2. Animal Show

Ini adalah berbagai pertunjukan oleh berbagai satwa unik dan lucu di Taman Safari Prigen yang dapat disaksikan oleh pengunjung.

Animal Show memperagakan atraksi permainan satwa serta menekankan pada edukasi kepada pengunjung tentang satwa tersebut. Berbagai pertunjukan satwa yang sangat menarik perhatian pengunjung diantaranya adalah Dolphin Bay, Plaza Gajah, Panggung Harimau ataupun panggung “Journey To The Temple Of Terror”

Kami sempat menyempatkan diri untuk menyaksikan pertunjukkan atraksi gajah yang dikemas dengan balutan mini drama yang melibatkan pemain dan juga gajah. Di akhir acara, pengunjung bisa ikut memberikan makan gajah dengan wortel yang dijual seharga Rp 10 ribu/ikat.

Berbagai jenis burung yang terlatih juga tampil di pertunjukkan burung yang bisa dinikmati pengunjung. Burung tersebut berinteraksi dengan para pelatih yang dengan sabar memberikan aba-abanya.

Panggung “Journey To The Temple Of Terror” menjadi puncak pertunjukkan yang melibatkan para pemain dan juga aneka hewan. Kekuatan dialog, akting dan efek khusus menjadikan pertunjukkan berdurasi 30 menit ini bisa menghibur.

Anda akan merasakan semburan panas efek api dan juga cipratan air yang tiba – tiba muncul sebagai bagian dari cerita. Jadi kalau anda termasuk orang yang kagetan ada disarankan untuk tidak duduk di 3 baris pertama tempat duduk atau yang diberikan warna kuning. Ini adalah wilayah yang secara langsung akan merasakan efek panas dan guyuran air yang jadi efek pelengkap cerita.

4. Recreation Area

Berbagai wahana permainan yang mengasyikkan juga dapat Anda nikmati disini, diantaranya adalah Safari Jeep, Roller Coaster, Sepeda Layang, Boom Boom Boat, Gajah Terbang, Dino Plane, Gokart dsb.

Kalau anda punya nyali, Anda bisa menikmati aneka boneka hantu yang bakal memicu teriakan karena faktor kaget dan ngeri. Pengunjung tinggal duduk di kereta mini yang akan mengantarkan Anda menikmati berbagai sudut dan suasana rumah hantu.

Lapar saat ada di arena ini? Tenang,ada banyak booth penjualan makanan dan juga restaurant yang siap dengan aneka menunya. Anda juga bisa berburu souvenir khas Taman Safari Prigen di toko resmi milik pengelola.

Selamat Berlibur !

Bayu

Momo Jadi Maskot Asian Para Games 2018

Previous article

ACT DIY Kirim Enam Truk Kemanusiaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Lifestyle