Kota JogjaNews

Hoax dan Hate Speech Khianati Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Hoax dan Hate Speech Khianati Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Kebhinnekaan dalam prakteknya di Yogyakarta penting untuk terus dirawat. Salah satunya bagaimana menanamkan keberagaman dalam setiap laku perikehidupan baik dalam sikap maupun tindakan nyata di keseharian.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto menegaskan hal ini saat Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Kecamatan Gondomanan, Senin, 8/10/2018.

“Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar dan pendidikan. Ini tantangan tersendiri. Kita bersama pemda terus bekerja keras bersama masyarakat wujudkan kerukunan dan kenyamanan sebagai perwujudkan bhinneka tunggal ika. Kita terus berbenah agar selalu menjadi tuan rumah yang baik dan ramah bagi pelajar, mahasiswa dan wisatawan yang datang di jogja,” kata Eko Suwanto, dalam keterangan tertulisnya kepada Starjogj.com.

Eko Suwanto Ajak Pemuda di Garis Depan Menjaga NKRI

Saat memberikan paparan dilakukan juga dialog bersama siswa SMK Indonesia untuk memahami apa itu bhinneka tunggal ika dalam alam pikir pelajar.

“Kita ingatkan bagaimana bhinneka tunggal ika dipahami, ada beragam suku, bahasa, adat istiadat. Ini patut disyukuri, ” kata Eko Suwanto, Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY ini.

Ke depan, ada banyak tantangan yang mengancam dasar ideologi Pancasila, yang sejatinya bisa menjadi akar sejarah jati diri bangsa. Seluruh elemen bangsa wajib dan diingatkan untuk terus bisa merawat kebhinnekaan yang dimiliki Indonesia.

“Pancasila dan bhinneka tunggal ika harus kita dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam pengambilan kebijakan pembangunan dan APBD” kata Eko Suwanto, alumni Pemantapan Nilai Kebangsaan Lemhannas.

Secara khusus, dalam menyambut pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang, Eko Suwanto mengingatkan meski berbeda pilihan diharapkan tetap bersatu dalam bingkai kebangsaan.

 

Anak Muda Jadi Sasaran Penyebaran Radikalisme dan Terorisme

Previous article

PMI DIY Berangkatkan 12 Relawan Terlatih ke Sulawesi Tengah

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja