NewsNusantara

Kemendagri Kawal Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Bencana

0
kerusakan palu
Kerusakan di Wilayah Palu ( FOTO : Puspen Kemendagri)

Jakarta – Kemendagri Kawal Penyelenggaraan Pemerintahan di Daerah Bencana. Kemendagri akan memastikan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang meliputi Pemda Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten, Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong dapat menjalankan roda pemerintahannya berjalan normal.

Mendagri, Tjahjo Kumolo menyatakan tim pendampingan Kemendagri dan Praja IPDN yang sedang bertugas terus berupaya membantu sesuai dengan kewenangan serta tugas dan fungsinya.

Sesuai dengan arahan sebelumnya bahwa Tim Pendampingan bertugas ke lokasi bencana fokus melakukan pada tugas dan fungsi Kemendagri, yaitu melakukan pendataan aparat pemerintah daerah dan DPRD setempat yang jadi korban meninggal dan hilang serta yang kehilangan keluarga, rumah, dan lain sebagainya. Tim juga melakukaan pendataan infrastruktur pemerintahan yang rusak , seperti kantor pemeritahan yang rusak, sarana prasarana, peralatan kantor dan pendukung pemerintahan lainnya pada Pemda Provinsi Sulteng, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala dan Kabupaten Parigi Moutong.

” Tim juga akan melakukan pendampingan kepada Pemda diantaranya pendampingan penyusunan dan perubahan APBD, mempertajam fokus sasaran untuk penanggulangan bencana, perbaikan sarana dan prasarana pelayanan KTP el , ” jelas Mendagri dalam keterangan tertulisnya pada Starjogja.com.

Menurutnya, Kemendagri mendorong Pemda untuk membuat tempat- tempat pelayanan pemerintahan darurat, seperti kantor desa /kantor lurahnya hancur maka bisa kantor lurah sementara dan jika Lurahnya/Kepala Desanya menjadi korban meninggal maka bisa segera tunjuk Plt. Lurah ataupun wakil kepala desa.

Kemendagri Kirim 110 Personil Tim Pendamping Pemda dalam Tanggap Darurat Bencana

Sementara itu, Bahtiar Kapuspen Kemendagri menyatakan sesuai arahan Mendagri bahwa  hasil pendataan aparatur yang meninggal selanjutnya dikoordinasikan dengan Kemenpan RB untuk ditindaklanjuti dalam bentuk kemungkinan penambahan formasi penerimaan PNS baru untuk di Pemda Provinsi Sulteng, Kota Palu, Kabupaten Dinggala, Kabupaten Sigi, dan kabupaten parigi Moutong

” Penerimaan baru itu akan memprioritaskan formasi sesuai kebutuhan dilokasi bencana. Misalnya , sarana geologi, guru psiko, dokter, perawat, penyuluh pertanian, dan penyuluh perikanan” jelas Bahtiar/

Ia menambahkan jika ada dari Angggota DPRD Provinsi Sulteng, Kkota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong menjadi korban meninggal segera dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

 

Cuaca DIY Hari Ini Cerah

Previous article

Wayang Jogja Night Carnival Pukau Ribuan Penonton

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News