NewsNusantara

Pemerintah Daerah Harus Fokus Terapkan e-planning

0
Mendagri Berharap Pelayanan di Kantor Desa Panca Bencana Gempa Lombok Segera Pulih
Mendagri Tjahjo Kumolo ( FOTO : Puspen Kemendagri )

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pemerintah Daerah Harus Fokus Terapkan e-planning. Pemda harus mencermati area rawan korupsi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kepada para wartawan usai menghadiri acara bertajuk ” Penerapan e-Planning dalam Penyusunan RPJMD dan RKPD Bagi 171 Daerah Pilkada Serentak 2018,” di Jakarta, Senin (8/10) mengatakan Penerapan e-planning, menjadi salah satu solusi dalam mencegah potensi penyalahgunaan anggaran. Bahkan penerapan e-planning, menjadi hal yang mendesak untuk diwujudkan.

Menurut Tjahjo, biasanya begitu kepala daerah hasil Pilkada telah dilantik, lantas setelah itu disusun RPJMD, fokusnya lebih banyak ke infrastruktur dan kesehatan. Tapi ia minta, agar kepala daerah yang baru terpilih benar-benar memahami area rawan korupsi.

” Area rawan korupsi harus dicermati dengan serius. Karena itu, kepala daerah yang akan segera bekerja, berkomitmen menerapkan e-planning,” kata Mendagri.

Dan yang tidak kalah penting, lanjut Tjahjo antar daerah ada sinergi. Sehingga bisa terbangun konektivitas. Sebab konektivitas itu sangat penting, agar pembangunan yang berjalan di satu daerah dengan daerah lainnya, saling terkait. Saling mendukung.

” Misal anggaran di DKI Jakarta, kami berhak untuk mengoreksi tolong walaupun DKI itu anggaran gede tempat pembuangan sampah itu jangan nebeng Bekasi saja, tapi kemudian membantu Tangerang, Tangerang Selatan, Depok. Sisihkan anggarannya untuk jalan. Tidak egois membangun. Tapi ada sinergi, konektivitas,” ujarnya.

Serta kata Tjahjo yang tidak kalah penting adalah, program strategi nasional di daerah harus jalan. Karenanya program pusat dan daerah harus sinkron. Begitu pun dengan program gubernur, mesti seiring dan saling terkait dengan program bupati atau walikota.

” Nah forum ini untuk menyatukan. infrastruktur ekonomi dan sosial Pak Jokowi selesai target sama-sama dong. Urusan pembebasan tanah kan daerah. Tujuannya untuk pemerintah itu satu,” kata dia.

Karena itu kata dia, jangan dilihat kepala daerah itu berasal dari partai mana. Sebab, ketika seseorang kepala daerah itu sudah terpilih, ia milik masyakarat. Wajib hukumnya, ia mendengarkan aspirasi masyarakat. Maka, kalau kemudian ada kepala daerah yang bukan dari partai pendukung Jokowi, lantas mendukung presiden, itu wajar-wajar saja

” Jangan dilihat dari partai mana, begitu dia jadi kepala daerah harus sama. Dari sisi politik atau gubernur yang dari Gerindra misalnya dukung Pak Jokowi, ya boleh- boleh saja ini kan aspirasi masyarakat sebagai pribadi nama si A yang kadernya Pak Prabowo mungkin dia dukung tapi masyarakat menginginkan ini,” tutur Tjahjo.

Kodim 0705/Magelang Siapkan Personel Hadapi Pesta Demokrasi

Previous article

Universitas Negeri Yogyakarta Menerima 88 Mahasiswa Internasional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News