Kota Jogja

Miniatur Bregodo Diminati untuk Buah Tangan

0
miniatur bregodo
salah satu budaya warga kampung pandeyan (foto : Bayu)

STARJOGJA.COM, Jogja – Miniatur Bregodo atau prajurit kraton menjadi pilihan wisatawan untuk buah tangan. Juni Purnomo dari Jun Mini Craft Jogja melihat ini sebagai peluang usaha. Ia pun akhirnya membuat miniatur prajurit kraton sejak tahun 2004 lalu.

“Membentuk tim untuk membuat khususnya souvenir kota Jogja yang Jogjaisme khususnya kraton ya prajurit. Pertama kali bregodo Surokarso lalu pengawal gunungaan itu ada Wirobrojo,” katanya kepada Starjogja.com Jumat (12/10/2018).

Menurut Juni saat ini hampir seluruh prajurit sudah dibuatnya. Hanya tinggal dua prajurit kraton yang saat ini masih dalam tahap finishing.

Baca Juga : Budaya Kampung Pandeyan Diusulkan Jadi Paket Wisata

“Tahun depan ini mau buat bregodo Prawirotomo dan Patangpuluh tinggal perbanyak,” katanya.

Saat ini harga miniatur Bregodo yang dibuatnya termasuk terjangkau. Mulai dari harga 20-300 eibu per biji.

“Bijian 20 ribu tinggginya 12 senti kalo yang 25 cm dihargai 110 ribu yang tinggi 60 cm itu 300 ribu,” katanya.

Ia tidak dapat menentukan berapa produksi miniatur Bregodo yang dibuatnya sebulan. Namun jumlahnya saat ini terhitung bagus perbulannya.

“Tidak tentu tegantung session. ada tiga toko bulan kemarin 600 biji untuk prajurit ditambah Manggala Yudho dan abdi dalam,” katanya.

Menurut Juni sudah banyak jenis miniatur yang dibuatnya hingga saat ini. Termasuk produk terbarunya yang berkonsep foto wajah seseorang.

“Prajurit 10 bregodo ada yang megang bendera, bedil, tombak. Ada dari penjual jamu. dari komunitas juga banyak,” katanya.
.
Pemesanan juga ia terima melalui sistem online. Mulai dari pulau Jawa hingga Sumatra.

“Palembang luar jawa ada juga, Rembang ada kemarin. Kalo luar negeri itu Malaysia itu pemkot pesen untuk kekang-kenangan Malaysia. Minta abdi dalem yang mengiringi panglima kraton,” katanya

Sandiaga Uno Belajar Manajemen Masjid Jogokaryan

Previous article

Sosok Rita Indriana Perangkul Difabel dalam Mainan Anak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja